Petugas bersihkan sampah sungai dan drainase yang tersumbat.
Sumber :
  • tvOne - agus wibowo

Pasca Banjir di Pacitan, Petugas Bersihkan Sampah Sungai dan Drainase yang Tersumbat

Rabu, 28 September 2022 - 17:30 WIB

Pacitan, Jawa Timur - Setiap hujan turun, sejumlah ruas jalan utama di jantung kota Pacitan menjadi langganan banjir luapan sungai. Kondisi tersebut, menjadi pekerjaan rumah bagi sejumlah pihak untuk penanganannya.

Banjir yang terjadi pada Senin (26/9) lalu, setelah wilayah pacitan diguyur hujan dengan intensitas deras sejak Minggu (25/9) malam. Akibatnya sejumlah ruas jalan di wilayah kecamatan kota tergenang. Bahkan, di beberapa tempat sudah menjadi langganan banjir ketika hujan turun. Tinggi genangan pun bervariasi, diantara 30-50 centimeter bahkan lebih.

Tonny Setyo Nugroho, Kabid Penyehatan Lingkungan dan Air Minum (PLAM) Dinas PUPR Pacitan, Rabu (28/9) siang menjelaskan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas PUPR bekerja keras untuk melakukan  penanganan yang tepat, baik penanganan jangka pendek maupun jangka panjang persoalan banjir yang kerap kali terjadi. 

"Sebenarnya, titik-titik yang banjir itu sudah kita petakan, di saluran Kali Kunir Jalan S Parman, kemudian belakang Pendopo saluran Jalan Veteran, itu kan luapannya mengalir ke Alun-alun," jelasnya

Tony menambahakan, sebagai upaya dalam penanganannya ke depan, akan dilakukan pengerukan atau normalisasi, mengingat endapan sedimentasi yang ada di sejumlah saluran itu mencapai ketinggian sekitar 40-50 centimeter.

"Di Kali Kunir sedimentasinya hampir ada setengah meter. Langkah cepat penanganannya ini adalah pengerukan sedimentasi. Paling lambat awal tahun 2023, karena 2 tahun lalu tidak ada anggaran untuk pemeliharaan, akibat pandemi untuk revocusing," imbuhnya

Upaya penanganan lain ke depannya baru akan redesain atau rancangan ulang, terlebih saluran itu sudah ada puluhan tahun, sehingga perlu perombakan tata ruang kota. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:36
03:40
01:08
01:12
03:56
01:30
Viral