Stadion Kanjuruhan.
Sumber :
  • Antara

Pengamat: Tragedi Kanjuruhan Bukan Kesalahan Satu Pihak, Apalagi Polisi

Kamis, 6 Oktober 2022 - 16:56 WIB

Jakarta -  Direktur Indonesian Publik Institute (IPI) Karyono Wibowo mengatakan Tragedi Kanjuruhan merupakan resultan dan mismanajemen, krisis koordinasi, dan lemahnya kolaborasi antarpihak. 

Karenanya, Karyono menyebut peristiwa yang menewaskan ratusan orang itu bukan kesalahan satu pihak saja. 

"Tragedi Kanjuruhan merupakan resultan dan mismanajemen, krisis koordinasi, dan lemahnya kolaborasi antarpihak dalam penyelenggaraan urusan publik. Ini jelas bukan kesalahan satu pihak," kata Karyono kepada wartawan, Kamis (6/10/2022). 

Hal tersebut disampaikan Karyono terkait adanya pihak yang menyalahkan aparat kepolisian terkait penggunaan gas air mata saat kericuhan massa di Stadion Kanjuruhan

"Katakanlah, orang menyalahkan polisi karena menggunakan gas air mata. Itu betul, orang boleh marah. Tapi kan polisi juga tidak menyalahi prosedur karena dalam situasi darurat mereka boleh menggunakan emergency planning," ujarnya. 

Menurut Karyono, penyelenggara dan pihak-pihak lain yang mendapat keuntungan dari laga Arema FC versus Persebaya, juga harus ikut bertanggung jawab atas tragedi terbesar dalam sejarah sepakbola Indonesia itu. 

"Lalu bagaimana dengan organisasi penyelenggara dan pihak yang diuntungkan dalam bisnis siaran bola? Mereka juga pihak yang ikut bertanggung jawab," ucap pengamat politik itu. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:14
02:49
06:34
01:55
02:35
01:52
Viral