rumah warga di Parepare nyaris terbakar akibat kebakaran lahan yang meluas karena tiupan angin kencang, Senin (21/8/2023).
Sumber :
  • Rusli Djafaar

Kepanikan Warga Parepare Saat Api Kebakaran Hutan Merembet Ke Pemukiman

Senin, 21 Agustus 2023 - 18:08 WIB

Parepare, tvOnenews.com - Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di kota Parepare, Senin (21/8/2023) siang. Kebakaran ini terjadi di kelurahan Bumi Harapan dimana api yang berasal dari hutan jati dengan cepat merembet ke pemukiman warga sehingga membuat warga panik dan mencoba memadamkan api dengan alat seadanya sambil menunggu kedatangan tim pemadam kebakaran.

"Hanya sekitar lima meter lagi memcapai rumah warga,untung saja ada anggota Brimob disusul regu dari Damkar Parepare yang membantu kami memadamkan api," ujar Joko salah satu warga yang ikut memadamkan api.

Personil Brimob Parepare membantu warga memadamkan api menggunakan alat pemadam portabel. Api sangat cepat merembet karena kondisi angin kencang dan banyaknya ilalang kering di sekitar lokasi. Api akhirnya bisa dipadamkan setelah dua mobil pemadam kebakaran bersama satu regu pemadam kebakaran pemkot Parepare berjibaku selama satu jam .

Sementara itu Kapolres Parepare AKBP Arman Muis mengatakan warga yang sengaja membakar hutan atau lahan dan merugikan orang banyak dapat dikenakan sanksi pidana. Kapolres juga menghimbau agar warga lebih waspada menjaga lingkungan mereka ditengah kondisi panas dan angin kencang yang kerap terjadi belakangan ini.

"Kalau terdapat unsur kesengajaan (kebakaran hutan) kita lakukan tindakan tegas dan mari kita menjaga lingkungan kita dengan situasi kemarau seperti ini semua gampang terbakar," ujar Kapolres Parepare AKBP Arman Muis.

Dalam 2 (dua) minggu terakhir ini tercatat ada 46 kasus kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di kota Parepare. Umumnya kebakaran tersebut terjadi diduga karena adanya faktor kesengajaan warga yang membakar lahan namun karena angin kencang menjadikan api tidak bisa dikendalikan. 

(rdr/asm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral