Tradisi warga buton selatan membersihkan mata air dan gelar doa keselamatan dan kesyukuran atas berkah anugerah Sang Pencipta.
Sumber :
  • Jamil Azali

Ritual Pilumeano We'e, Tradisi Membersihkan Sumber Mata Air Warga Desa Lampanairi Buton Selatan

Senin, 24 Juni 2024 - 21:07 WIB

Buton Selatan, tvOnenews.com - Sebuah tradisi unik digelar ratusan warga di Desa Lampanairi, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, pada Minggu (23/6/2024). 

Tradisi ini disebut ritual Pilumeano We'e atau tradisi membersihkan sumber mata air. Selain bertujuan melestarikan alam, tradisi ini juga sebagai wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta atas limpahan rezekinya.

Tradisi ini dimulai saat matahari terbit pada pagi hari, diawali dengan ritual Pidawua dengan meletakan sesajen berisi nasi ketan putih, telur rebus dan tembakau yang dialaskan daun pisang. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh beberapa orang tua kampung yang dipimpin tetua adat. 

Hal ini dikandung maksud memohon kepada Sang Pencipta untuk kelancaran prosesi ritual Pilumeano We'e atau pembersihan sumber mata air Wandoke.

Ritual ini dilanjutkan dengan pembersihan sumber mata air yang letaknya berada di dalam bak penampung oleh puluhan pemuda desa. 

Keseruan tradisi ini mulai terlihat saat para pemuda saling kejar-kejaran untuk menyiramkan air ke warga yang hadir. Dalam tradisi ini siapapun yang berada di sekitar area mata air diwajibkan untuk basah. Sorak sorai dan gelak tawa wargapun menggema di tengah hutan.

"Ini tradisi warga Desa Lampanairi yang biasa digelar setiap tahun di bulan Juni, serunya itu kita baku siram-siram air jadi ada rasa gembira begitu, ini juga menjadi sarana mempererat tali persaudaraan warga desa kami," tutur Anton, salah satu warga Desa Lampanairi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:25
09:47
06:05
07:00
01:54
01:11
Viral