Kabel jaringan mesin pompa air sepanjang 1,7 KM milik PDAM Kota Baubau.
Sumber :
  • Jamil Azali

Kabel Jaringan Pompa Air Milik PDAM Kota Baubau Digasak Maling, Kerugian Ditaksir Capai Rp 1 Miliar

Senin, 15 Juli 2024 - 19:53 WIB

Baubau, tvOnenews.com - Kabel jaringan mesin pompa air sepanjang 1,7 KM milik PDAM Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, hilang digasak maling. Selain kerugian yang ditaksir mencapai Rp 1 miliar, pencurian kabel juga mengakibatkan layanan PDAM di tiga wilayah kecamatan terganggu.

 

Peristriwa pencurian kabel jaringan mesin pompa air milik PDAM Kota Baubau telah terjadi sebanyak lima kali di dua lokasi pompa air sejak Desember 2023 lalu, hingga peristiwa pencurian kembali terjadi pada 3 Juni 2024. Di lokasi pertama di Kelurahan Baadia, Kecamatan Murhum, kabel yang berhasil dipotong maling sepanjang 1,4 Kilometer, sedangkan kabel yang dicuri di lokasi kedua di Kelurahan Labalawa sepanjang 300 Meter dengan total kehilangan kabel sepanjang 1700 meter atau 1,7 Kilometer.

 

Peristiwa pencurian kabel ini diketahui setelah adanya gangguan pada panel kontrol pompa di dua lokasi berbeda. setelah dilakukan pemeriksaan ternyata kabel mesin pompa air telah dicopot dari panel. Saat ditelusuri lokasi kejadian terlihat bentangan kabel yang telah rusak dengan kondisi terkelupas.

 

Menurut Kasi Produksi PDAM Kota Baubau, La Ode Amiruddin, dalam setiap kabel terdapat beberapa ruas kabel namun anehnya pelaku hanya memotong kabel netral. Diduga pelaku merupakan oknum yang mengetahui kondisi jaringan kabel dan juga mengetahui waktu pengoperasian mesin pompa. Ditambah lagi didukung dengan lokasi kabel yang berada agak jauh dari permukiman sehingga memudahkan pelaku menjalankan aksinya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral