Korban AP didampingi kuasa Hukum Febro Takaendengan saat konferensi pers.
Sumber :
  • Marwan Diaz Aswan

Mantan Direktur Eksekutif Daerah Walhi Sulut Mengaku Jadi Korban Rudapaksa Oknum Aktivis HAM dan Walhi Nasional

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:15 WIB

Manado, tvOnenews.com - Mantan Direktur Eksekutif Daerah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sulawesi Utara, AP mengungkapkan dirinya menjadi korban rudapaksa hingga melahirkan seorang anak oleh oknum aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) dan anggota Walhi Nasional berinisial ER. Peristiwa memilukan ini terjadi pada Februari 2014 silam, namun baru terungkap setelah AP melayangkan surat keberatan kepada Walhi Nasional pada 6 Juni 2023 lalu.

Dalam surat keberatannya, AP menguraikan detail kejadian yang dialaminya serta dampak psikologis yang ditimbulkan akibat kekerasan seksual tersebut. Ia berharap Walhi Nasional akan merespons dan mengambil tindakan tegas terhadap pelaku.

"Kejadian tahun 2014 saat Walhi Sulut mengadakan kegiatan tahunan dan malamnya oknum ini mengajak saya ke salah satu tempat karaoke untuk refreshing, karena saya menghormati dia sebagai perwakilan dari Walhi nasional, disitu saya perempuan hanya sendiri ada berapa kawan-kawan dari LBH Manado," ungkap korban AP kepada wartawan di Manado, Senin (15/07/2024). 

Lanjut AP, tak disangka didalam tempat karaoke tersebut telah disediakan minuman keras yang diduga telah direncanakan oleh pelaku E-R.

"Saya kaget di dalam ada minuman dan minuman itu saya tidak tau siapa yang pesan dan pulang dari tempat karaoke posisi saya dalam keadaan tidak sadar dan oknum mengantar saya ke kantor kemudian membopong saya dari tempat parkir ke ruangan, saya tidak menemukan kunci kamar yang saya taru didalam tas, terpaksa saya tidur di dapur dengan posisi masih memegang tas saya kemudian setelah pagi saya bangun dengan posisi saya ada di dalam kamar sudah menganti baju daster, ada saksi yang melihat namanya aba Mansyur menurut keterangan beliau ketika saya menanyakan siapa yang membawa saya ke dalam kamar? kemudian siapa yang menganti baju saya ? Beliau katakan oknum tersebut," bebernya.

Menurutnya setelah kejadian tersebut beberapa bulan kemudian sering mengalami mual dan muntah-muntah.

"Perubahan ditubuh saya terjadi, haid tidak lancar setelah empat bulan mual-mual, segala macam itu terjadi itu baru saya pahami ternyata saya hamil," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:46
01:01
06:45
05:02
01:13
01:44
Viral