Tim Basarnas evakuasi warga yang terjebak banjir di Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara..
Sumber :
  • Erdika Mukdir

Banjir di Konawe Utara, Sejumlah Balita yang Terjebak Dievakuasi

Selasa, 30 Juli 2024 - 13:46 WIB

Konawe Utara, tvOnenews.com - Banjir dengan ketinggian 1 meter merendam 5 Desa dalam Satu Kecamatan, di Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (30/7/2024).

Banjir  tersebut disebabkan oleh tingginya intensitas hujan yang turun sejak semalam yang bersamaan dengan pasanganya air laut. Akibatnya ratusan rumah yang berada di 5 Desa terendam banjir bahkan beberapa warga terjebak dan tak bisa keluar dari rumah.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Kendari, Amiruddin mengatakan pihaknya telah menurunkan Tim Rescue untuk melakukan pertolongan dan mengevakuasi warga yang masih terjebak.

“Kami sudah menurunkan tim disana dengan menggunakan perahu karet, dan memang ada beberapa warga yang terjebak dan ada juga anak bayi di dalam rumah,” katanya.

Dari pantauan di lokasi, Basarnas menyisir satu persatu rumah warga untuk melakukan upaya penyelamatan, apalagi terdapat banyaknya anak kecil yang terjebak dalam rumah mereka.

“Tim membawa mereka ke lokasi yang dianggap aman dan sebagian masih standby dan berkeliling memantau kondisi banjir,” tambahnya.

Adapun 5 Desa yang terendam banjir, yakni Desa Laronangga, Desa Labungga, Desa Puwonua, Desa Pususi dan Desa Waworete yang semuanya berada dalam satu Kecamatan Andowia.

Saat ini pihak Basarnas dan BPBD setempat masih melakukan pendataan terkait jumlah rumah dan kepala keluarga yang terdampak.

“Ada beberapa unsur yang bersiaga di lokasi di antaranya Pos SAR Konut, BPBD Konut, Kodim Konut, Polres Konut, serta Aparat Desa setempat,” pungkasnya. (emr/frd)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:33
02:13
01:05
10:13
03:23
02:16
Viral