Seorang pekerja tambang yang sempat hilang di dalam hutan bernama Ilham (31) warga asal Desa Palupi, Kota Palu Sulawesi Tengah.
Sumber :
  • Erdika Mukdir

Hilang Selama Sepekan di Hutan Konawe Utara, Begini Kondisi Pekerja Tambang Tersebut

Kamis, 5 September 2024 - 13:31 WIB

Konawe Utara, tvOnenews.com - Seorang pekerja tambang bernama Ilham (31) warga asal Desa Palupi, Kota Palu Sulawesi Tengah, yang sebelumnya dinyatakan hilang dalam hutan kawasan pertambangan IUP PT. RSB di Desa Boedingi, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, akhirnya ditemukan, Selasa (3/9/2024).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Kendari, Amiruddin mengatakan korban dinyatakan hilang sejak sepekan lalu atau tepatnya pada Selasa (27/8), namun pihak Basarnas baru mendapatkan informasi pada hari Minggu kemarin.

“Korban ini hilang sejak 7 hari lalu, kami terima laporan waktu Minggu (1/9). Hari ini dilakukan pencarian dan berhasil menemukan korban dalam kondisi selamat,” katanya

Korban ditemukan sekitar 1,37 KM arah timur laut dari LKP, selanjutnya korban dievakuasi dan diserahkan kepada pihak perusahaan PT. RSB untuk diperiksa kondisi kesehatannya oleh Tim medis pihak perusahaan.

Amiruddin menjelaskan, hilangnya korban itu berawal pada saat seluruh karyawan melakukan kegiatan P5M (Pembicaraan 5 Menit) tetapi korban tidak mengikuti kegiatan tersebut dikarenakan korban tidak memakai helm.

“Salah satu rekannya sempat melihat korban naik langsung ke lokasi tambang menggunakan alat berat (excavator). Namun setelah kegiatan P5M selesai, seluruh operator excavator dihubungi via HT untuk menghidupkan alamnya tetapi korban tidak merespon,” bebernya.

Selanjutnya rekan-rekan korban mendatagi lokasi tersebut tetapi  tidak  menemukan korban. Mereka pun melaporkan hal itu ke pihak basarnas kendari untuk dilakukan pencarian. Dalam pencarian selama ini, Sar membagi dua tim dengan menyisir hingga 500 meter dari LKP dan hutan tambang ke arah sisi bagian barat dan selatan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral