Tangkapan kemera pengawas CCTV saat pelaku melakukan aksinya.
Sumber :
  • Jamil Azali

Pelaku Curanmor Terekam cctv di Baubau Diamuk Warga

Selasa, 1 Oktober 2024 - 13:50 WIB

Baubau, tvOnenewes.com - Seorang pelaku curanmor terekam cctv saat beraksi di siang bolong, sepeda motor milik mahasiswi berhasil dibawa kabur. Sialnya pada sore harinya pelaku ditangkap warga di Kelurahan Wajo, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Minggu (29/9/2024).

Saat ketahuan mencuri handpone. Pelaku pun diamuk warga setelah diketahui sepeda motor yang digunakan pelaku juga hasil curian.

Detik-detik aksi pelaku pencurian sepeda motor yang terjadi di siang bolong di lorong Sakopi, Kelurahan Lamangga, Kota Baubau, sempat terekam cctv dari salah satu rumah warga. Dalam rekaman cctv tersebut tampak pelaku berhasil membawa kabur sepeda motor yang terparkir saat kondisi jalan sedang sepi.

pelaku yang diketahui bernama Abdul Kadir telah melakukan pencurian sepeda motor dan handpone.


Hanya berselang beberapa jam, pelaku kembali beraksi di lokasi yang berbeda namun tak jauh dari lokasi pertama. Sialnya aksi pelaku ketahuan warga, pelaku pun tertangkap namun salah satu warga mengenali sepeda motor yang digunakan pelaku merupakan motor curian milik seorang mahasiswi yang informasinya sebelumnya telah diposting di media sosial. Ciri-ciri pelaku dan motor yang digunakan pelaku sama persis dengan video aksi pencurian yang beredar di media sosial. Pelaku akhirnya menjadi bulan bulanan warga yang geram dengan aksi pelaku.

Menurut Amel, mahasiswi yang menjadi korban pencurian motor, awalnya sepeda motor miliknya diparkir di depan rumah kontrakannya namun Amel lupa mengunci stang motor. Amel mengetahui motornya dicuri saat hendak mengambil motor namun motor tersebut sudah raib. Amel bersama temannya lalu mengecek kamera cctv dari rumah tetangga.

"Pas pulang dari pasar Wameo saya parkir motor di depan rumah tapi lupa kunci stir, nanti saya mau keluar lagi padahal motorku sudah tidak ada. Saya sempat keliling kompleks untuk cari motor itu tapi tidak ketemu, saya sama temanku langsung minta tolong tetangga yang punya cctv kita cek, ternyata motorku dicuri," terang Amel, saat ditemui di Polsek Murhum, Senin (30/9/2024).

Lanjut Amel, peristiwa kecurian tersebut lalu diposting di salah satu akun media sosial termasuk video rekaman cctv. Dalam rekaman video tersebut terlihat jelas penampakan wajah pelaku yang tidak menutupi wajahnya dan tidak menggunakan helm sehingga mudah dikenali.

"Setelah saya posting ada mi kabar kalau motor saya sudah ditemukan warga, katanya pelakunya ditangkap karena curi hp, setelah mereka (warga) perhatikan ternyata ciri-ciri pelaku dan motor yang dipakai pelaku sama persis dengan rekaman cctv yang saya posting, akhirnya pelaku ditangkap, "ungkapnya.

Personil Polsek Murhum yang  sebelumnya telah mencari keberadaan pelaku langsung bergerak cepat mengamankan pelaku dari amukan warga.  Polisi kemudian membawa pelaku ke Polsek murhum untuk dilakukan pengembangan.

"Memang benar telah terjadi pencurian sepeda motor yang telah dilaporkan pemilik motor, kami langsung bergerak cepat sehingga pelaku langsung kami amankan, saat ini kami masih memeriksa pelaku untuk dilakukan pengembangan, "kata Kapolsek Murhum, Ipda Amrin, ditemui di Polsek Murhum.

Diduga pelaku yang diketahui bernama Abdul Kadir telah melakukan pencurian sepeda motor dan handpone dibeberapa lokasi yang berbeda. Pelaku telah diamankan di Polsek Murhum untuk pemeriksaan lebih lanjut, polisi juga telah mengamankan sepeda motor curian sebagai barang bukti. (jai/frd) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:47
03:10
06:27
06:11
03:16
01:02
Viral