Sidak industri ekspor ikan di Makassar.
Sumber :
  • wawan setyawan

Diduga Gunakan Bahan Berbahaya, Industri Ekspor Ikan di Makassar Disidak

Rabu, 2 Oktober 2024 - 18:16 WIB

Makassar, tvOnenews.com - Diduga menggunakan bahan kimia berbahaya, tim pengendalian dan pengawasan mutu Kementerian Kelautan & Perikanan (KKP) Makassar melakukan sidak ke PT. NSS sebagai eksportir olahan ikan, di Kawasan Industri Makassar, Sulawesi Selatan.

"Terkait adanya aduan masyarakat mengenai penggunaan bahan kimia berbahaya di PT.NNS Kami dari balai dan Dinas Perikanan melakukan kunjungan untuk mengkonfirmasi atua memeriksa," ujar Irfan Rais, Ketua Tim Kerja Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan (BPPMHKP), Rabu (2/10/2024).

Irfan menerangkan perushaan tersebut diadukan menggunakan bahan Sodium Benzoate atau bahan tambahan yang berfungsi sebagai pengawet.

Pihaknya KKP BPPMHKP bersama Dinas Kelautan & Perikanan Provinsi Sulsel menyidak dan melihat langsung bahan hingga proses produksi pengolahan ikan tuna yang hendak di ekspor tersebut. Petugas juga mencoba olahan ikan tuna yang hendak dikirim.

"Diberitakam sebelumnya yaitu sodium Bensoate. Soidum ini biasa digunakan untuk penstabil makanan itu," ujarnya.

Irfan menjelaskan, dari hasil pemeriksaan imi bahan tambahan yang digunakan bukan Sodium Bensoate melainkan Sodium Bikarbonat yang tidak berbahaya dan diperbolehkan dalam aturan.

"Dan hasil dari kunjungan kita disini digunakan garam dan sodium bikarbonat. Sodium ini nama lainnya itu backing soda dan itu boleh digunakan sebagai bahan tambahan," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:59
05:24
02:29
01:42
01:43
08:03
Viral