Masing-masing Paslon pada Pilwalkot Makassar usai mencabut nomor urut..
Sumber :
  • Muhammad Noer

KPU Makassar Sebut Debat Pilwalkot Makassar Dilakukan Dua Kali, Catat Tanggalnya!

Selasa, 8 Oktober 2024 - 15:48 WIB

Makassar, tvOnenews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, memastikan debat Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar digelar dua kali, yaitu 24 Oktober dan 13 November 2024. Terkait lokasi, tema, serta tim panelis yang akan memimpin debat akan diumumkan lebih lanjut oleh KPU Makassar, Selasa (8/10/2024)

"Debat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota untuk Kota Makassar ini, diharapkan dapat menjadi wadah bagi para kandidat untuk menyampaikan program-program unggulan mereka, serta menjawab berbagai pertanyaan yang relevan dengan isu-isu yang dihadapi Kota Makassar saat ini," ujar Komisioner KPU Kota Makassar, Muhammad Abdi Goncing.

Komisioner KPU Makassar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia, Muhammad Abdi Goncing, mengatakan, debat merupakan bagian penting dari upaya memberikan informasi yang lebih jelas kepada masyarakat terkait visi, misi, dan program kerja yang ditawarkan oleh masing-masing pasangan calon.

Debat pertama yang awalnya direncanakan pada 24 Oktober 2024, resmi diundur menjadi 26 Oktober 2024. Penundaan ini dilakukan setelah mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak yang terlibat, termasuk tim sukses paslon. Namun, jadwal debat kedua tetap tidak berubah dan akan berlangsung pada 13 November 2024.

"Dengan diumumkannya perubahan jadwal ini, masyarakat Makassar diharapkan terus mengikuti perkembangan informasi selanjutnya untuk mempersiapkan diri dalam menyaksikan debat yang akan menjadi ajang adu gagasan para calon pemimpin kota," ungkapnya.

Dengan digelarnya dua sesi debat, diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal kandidat calon pemimpin mereka dan membuat keputusan yang tepat demi masa depan Kota Makassar. KPU Kota Makassar mengajak seluruh masyarakat untuk aktif mengikuti perkembangan Pilkada dan memastikan diri terdaftar sebagai pemilih.

KPU Kota Makassar berupaya memastikan acara debat ini dapat diakses oleh seluruh masyarakat melalui berbagai media, agar partisipasi masyarakat dapat meningkat secara signifikan dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2024 ini.

Jika memang debat dipastikan dua kali, sesuai dengan PKPU Nomor 13 Tahun 2024 Pasal 68 ayat 5 yang menyebutkan debat publik atau debat terbuka diselenggarakan paling banyak tiga kali pada masa kampanye.

Untuk Makassar tidak mungkin juga dilakukan satu kali, sehingga akan dilakukan dua kali, dengan durasi debat 120 menit satu kali debat. Sementara untuk lokasi masih dikondisikan.

Pilwalkot Makassar diikuti empat pasangan calon, yaitu nomor 1 Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham (Mulia), nomor 2 pasangan Andi Seto Gadista Asapa-Rezki Mulfiati Lutfi (Sehati), nomor 3 Indira Jusuf Ismail-Ilham Ari Amir Uskara (Ini Mi) dan nomro 4 Amri Arsyid-Abdul Rahman Bando (Aman). (mnr/frd)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
20:23
01:09
04:03
08:05
04:45
01:09
Viral