Kapolda Sulawesi Selatan silaturahmi ke kantor tvOne biro makassar.
Sumber :
  • Muhammad Noer

Kapolda Sulsel “Kita Akan Tindak Tegas Skincare Mengandung Merkuri”

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 20:38 WIB

 

Makassar, tvOnenews.com - Kapolda Sulsel Irjen Pol Yudhiawan mengatakan telah menginstruksikan timsus untuk menyelidiki sejumlah produk skincare di Sulawesi Selatan yang terindikasi mengandung bahan merkuri, Yudhiawan menegaskan akan menindak tegas skincare yang mengandung mercure siapapun itu yang bekingi pengusaha skincare di sulsel. Jumat (25/10/2024).

"Dalam penggunaan SkinCare yang rawan ini adalah menggunakan bahan ditambah dengan merkuri, karena merkuri itu sangat berbahaya bagi masyarakat yang memakai bisa menyebabkan kanker," ujar kapolda sulsel Irjen Pol Yudhiawan Wibisono.

Menurut Yudhiawan, polisi memberi atensi pada kasus ini. Ia yakin, tim akan segera mengungkap produk-produk skincare berbahaya yang beredar di masyarakat.

Kalau terbukti ada mengandung bahan merkuri pada skincare tersebut, langsung kita tindak sesuai hukum yang berlaku. Kami bekerja sama dengan BPOM untuk menelusuri produk-produk ini.

"Sudah, saya sudah instruksikan segera diselidiki. Kita uji ya. Kalau terbukti ada kandungan bahan berbahaya, kita tindak tegas, siapa pun yang bekingi kami akan tindak," ungkapnya saat berkunjung ke kantor biro tvOne makassar.

Skincare dijelaskannya, bahwa tetap harus melakukan kerjasama dengan badan POM karena ada PPNS bekerjasama dengan tim khusus dalam kasus yang berbahaya tersebut.

Yudhiawan juga mengingatkan bahwa kepolisian memiliki tanggung jawab utama untuk melindungi keselamatan masyarakat. Karena itu, masyarakat harus diproteksi dari produk kosmetik berbahaya.

“Tugas kami adalah menjaga keselamatan masyarakat, termasuk dari produk-produk yang membahayakan,apalagi masyarakat menengah kebawa yang ingin terlihat cantik dengan harga murah padahal itu sangat berbahaya," jelasnya.

Sementara itu, mantan dirkrimsus polda sulsel ini mengatakan, untuk saat ini emas saja sudah dilarang sekarang sedangkan emas menggunakan pemisahnya dengan sianida tapi kalau skincare ini mercuri, kita sebagai kepolisian keselamatan masyarakat yang utama.

"Dengan jelas mengulang kembali, bahwa orang tertentu demi keuntungan pribadi atau keuntungan perusahaannya untuk mengorbankan masyarakat, pasti saya akan tindak siapun itu ada orangnya yang membekingi, saya tindak tegas," tegasnya.
 

Sebagai pengawasan balai POM yang sekarang ada sebagai fungsi utama, bagian kami itu mendampingi mereka termasuk nantinya penyelidikannya sampai pengerjaan sampai nanti penangkapan Polda Sulsel yang eksekusi melalui Direktorat Kriminal Khusus.

 

(mnr/asm)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:30
03:14
01:20
03:04
01:37
03:36
Viral