terjangan ombak tinggi menyebabkan tanggul penahan ombak rusak di Kabupaten Buton Selatan rusak parah, Minggu (25/12/2022).
Sumber :
  • erdika mukdir

Ombak Besar Rusak Sejumlah Talud di Buton Selatan

Minggu, 25 Desember 2022 - 19:34 WIB

Buton Selatan, Sulawesi Tenggara - Sejumlah fasilitas talud penahan ombak yang berada di 3 (tiga) kecamatan di Kabupaten Buton Selatan mengalami rusak parah akibat diterjang ombak besa, Minggu (25/12/2022).

 

Dari pantauan media ini, akses jalan yang menghubungkan dua kecamatan yaitu Kecamatan Batauga dan Kecamatan Sampolawa terancam putus, hal ini disebabkan kerusakan talud penahan ombak yang berada tepat di sisi jalan mulai mengikis ruas jalan.

 

Selain itu ombak besar juga merusak talud penahan ombak di dermaga ferry yang berlokasi di Kelurahan Busoa, Kecamatan Batauga. Kuatnya hantaman ombak hingga membuat tanggul beton sepanjang 20 meter jebol.

 

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Buton Selatan, La Ode Risawal,  pihaknya sudah meninjau lokasi untuk melakukan identifikasi lokasi - lokasi yang terkena dampak ombak besar agar segera dilakukan tindakan tanggap darurat. Selain Sampolawa dan Batauga, kerusakan akibat ombak besar juga terjadi di Desa Molona dan Lamaninggara, Kecamatan Siompu Barat yang menyebabkan tiga akses jalan terputus.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral