Sop tunjang khas Melayu.
Sumber :
  • Tim tvOne/Dedi Eka Putra

Sop Tunjang Khas Melayu Riau, Berkuah Bening dengan Cita Rasa Gurih, Begini Cara Memasaknya

Sabtu, 1 Juli 2023 - 13:16 WIB

Dumai, tvOnenews.com - Di tanah Melayu ada menu khas yang jauh dari unsur santan dan aneka bumbu gulai pedas serta beraroma kuat. Hidangan ini sangat lembut, terasa menyegarkan dan nikmat untuk makan siang di kala panas atau di malam hari yang dingin.

Kata tunjang dalam bahasa Indonesia berarti tulang sapi yang masih sarat dengan otot lunak dan beberapa bagian lemak yang cenderung lebih kenyal. Hidangan sup ini terasa ringan dan lembut meski menggunakan bahan tunjang kenyal dan berlemak. Ini karena sop menggunakan aneka bumbu dan rempah yang meringankan efek lemak dan membuat sop terasa sangat harum dan menggugah selera.

Biasanya tunjang hadir dalam potongan dadu besar, ada yang lengkap dengan tulangnya dan ada yang sudah lepas dari tulang. Hidangan ini dilengkapi dengan seledri dan taburan bawang goreng. 

Sop tunjang ini memiliki cita rasa gurih, asam dan sedikit pedas. Makanan ini enak disantap ketika masih hangat. Sop ini biasanya dinikmati dengan tambahan nasi putih.

Bаhаn untuk membuat sop tunjang biasanya menggunakan 1 Kg tulang kаkі sapi роtоng, 1/2 Kg dаgіng ѕарі, 2 buаh tоmаt, 1 buah wоrtеl dan 1 buаh kеntаng.

Kemudian ditambah bumbu utuh yang terdiri dari:

2 tаngkаі dаun bawang potong

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:28
01:43
03:04
02:10
03:23
06:38
Viral