Konferensi pers pelaku penggelapan buah kelapa sawit..
Sumber :
  • Tim tvOne/Taufik Hidayat

Tiga Pelaku Penggelapan Buah Sawit di Langkat Rugikan Perusahaan hingga Rp 3 Miliar

Jumat, 3 November 2023 - 14:21 WIB

Langkat, tvOnenews.com - Sat Reskrim Polres Langkat mengamankan pelaku penggelapan buah sawit milik PT Sawit Jaya Makmur Sentosa (PT. SJMS) yang mengakibatkan perusahaan tersebut mengalami kerugian miliaran rupiah. Hal ini disampaikan Waka Polres Langkat, Kompol Hendri N.D. Barus.

"Kita telah mengamankan seorang tersangka tindak pidana penggelapan dengan pemberatan dan atau penggelapan dan turut serta dalam melakukan, sehingga PT Sawit Jaya Makmur Sentosa (PT. SJMS) mengalami kerugian Rp3 miliar," ujar Waka Polres Langkat, Kompol Hendri N.D Barus. 

Dijelaskan Waka, tersangka SUT yang diamankan, sebelumnya bekerja sebagai pemasok buah sawit dan bekerjasama dengan MSH alias Hafis (dalam proses sidang). MSH berperan menaikkan ke timbangan buah yang masuk ke pabrik PT. SJMS dan mendapatkan bagian dari hasil memanipulasi data timbangan.

Keempat tersangka yang dalam proses sidang yaitu MSH bertugas merencanakan, meminta dan mengajak pemasok buah atau suplayer untuk memanipulasi data jumlah timbangan TBS dan berondolan yang masuk ke pabrik PT. SJMS dan membagi hasil kepada suplayer. 

Kemudian, FH ikut membantu merencanakan, memanipulasi data jumlah timbangan TBS yang masuk ke pabrik dan mendapat bagian dan hasil manipulasi timbangan.

Ia juga mengetahui dan tidak memberitahukan kepada pimpinan pabrik dan mendapat bagian hasil manipulasi data serta N sebagai pemasok buah dan berkerja sama dengan MSH untuk menaikan timbangan buah yang masuk ke pabrik.

Selanjutnya yang DPO yakni W, I dan Al, ketiganya sebagai pemasok buah dan berkerja sama dengan MSH untuk menaikan timbangan buah yang masuk ke pabrik dan mendapatkan bagian dari hasil manipulasi data timbangan tersebut. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral