Fenomena tanah longsor di Desa Bandar Baru, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat..
Sumber :
  • Pujiansyah

Resahkan Warga, Fenomena Tanah Longsor di Desa Bandar Baru Lampung Barat

Selasa, 11 Juni 2024 - 14:03 WIB

Lampung Barat, tvOnenews.com - Fenomena tanah longsor di Desa Bandar Baru, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat semakin meresahkan warga. Dampaknya tidak hanya terbatas pada kerugian lahan kebun sayur milik warga, namun juga telah menyebabkan putusnya ruas jalan lingkar desa dan kini semakin mendekati pemukiman warga.

Saat ini, guguran tanah longsor, dipicu oleh tingginya debit air, telah menghilangkan tiga bidang kebun sayur milik warga sekaligus menghapuskan badan jalan rabat beton sepanjang lebih dari 200 meter. Kejadian ini menimbulkan lubang dengan kedalaman mencapai lebih dari 100 meter dan dimensi luas mencapai 2 hektare di lokasi longsor tersebut.

Sutiyo, petani setempat, saat ini dirinya telah mengalami kerugian kehilangan lahan hampir setengah hektare. Lahan yang sebelumnya produktif ditanami sayur mayur itu kini hilang tergerus air menyisakan lubang menganga.

Kondisi ini membuat Sutiyo dan warga dusun lainnya merasa takut untuk beraktivitas di kebun yang tersisa karena longsoran tanah terus mengancam.

Setiap hujan turun, longsor susulan terjadi, terus menggerus lahan warga dan semakin mendekati pemukiman. Kini, ancaman itu hanya berjarak sekitar 20 hingga 30 meter dari rumah warga.

Meskipun merasa takut, Sutiyo tidak memiliki pilihan untuk pindah. Lahan pertaniannya adalah satu-satunya aset yang dimilikinya. Selain digunakan untuk berkebun, Sutiyo dan keluarganya juga tinggal di sekitar titik longsor tersebut.

"Kami merasa sangat takut setiap kali hujan turun. Longsoran tanah terus terjadi dan semakin mendekati rumah kami. Kami tidak punya tempat lain untuk pergi, dan kehilangan lahan pertanian adalah kerugian besar bagi kami," ungkap Sutiyo.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:58
17:49
36:03
01:21
02:08
05:49
Viral