Lomba Perahu Naga Pelantar 3 Tanjungpinang..
Sumber :
  • Tim tvOne/Kurnia

Perahu Naga, Tradisi, Pariwisata dan Merawat Keberagaman di Kepulauan Riau

Sabtu, 22 Juni 2024 - 19:49 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Selama 133 tahun sudah lomba perahu naga dihelat di Kota Tanjungpinang ibukota Provinsi Kepulauan Riau. Tradisi yang diharapkan menjadi magnet kunjungan wisatawan, sekaligus menjadi media merawat keberagaman di provinsi ini.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad memberikan perhatian khusus pada pelaksanaan lomba perahu naga tahun 2024 ini. Ansar didampingi sejumlah pejabat di lingkup Pemprov Kepri secara khusus hadir, membuka, juga menutup kegiatan perlombaan yang dilaksanakan di perairan Pelantar 3, Tanjungpinang, 17-19 Juni 2024 lalu.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad membuka lomba Perahu Naga. (ksh/wna)

Lomba perahu naga, Peh Cun, dalam bahasa Hokkian, memang rutin dilaksanakan setiap tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek. Perlombaan biasanya dilaksanakan berbarengan dengan tradisi warga etnis Tionghoa setempat, yakni berupa sembahyang keselamatan laut, atau hari jadi kelenteng yang berada tidak jauh dari lokasi perlombaan.

Umumnya, lomba perahu naga atau disebut dragon boat di Tanjungpinang ramai menarik pengunjung. Lokasi kegiatan dipenuhi penonton. Mulai dari warga setempat, juga wisatawan yang tidak hanya datang dari beberapa daerah terdekat dari Tanjungpinang, tetapi juga wisatawan mancanegara seperti Malaysia dan Singapura.

Di Festival Peh Cun di Pelantar 3 Tanjungpinang, suasana terasa sangat meriah. Mulai dari warga yang menjalani tradisi sembahyang laut di kelenteng, juga panggung hiburan yang digelar pada setiap malam pelaksanaan.

Demikian suasana lorong Pelantar yang terlihat sangat meriah oleh umbul-umbul, juga beraneka lampu hias. Di kawasan pesisir tempat lomba perahu naga digelar, ratusan warga menyesaki dermaga, juga teras serta bubungan atap rumah-rumah di tepi laut.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:25
09:47
06:05
07:00
01:54
01:11
Viral