Tim SAR Gabungan saat mengevakuasi para korban..
Sumber :
  • Syaren

Ini Kronologi Kecelakaan Kapal Wisata di Tapteng yang Tewaskan 3 Orang

Minggu, 30 Juni 2024 - 14:30 WIB

Tapteng, tvOnenews.com - Koordinator Pos SAR Sibolga, Ruvinus Bangun mengatakan beberkan penyebab Kapal Boat Wisata Dolphin Lambung 70 yang membawa pembawa puluhan wisatawan luar daerah yang tenggelam di sekitar perairan laut Pulau Situngkus dan Pulau Mursala, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), Sabtu siang (29/6/2024) sekitar pukul 11.00 WIB.

"Mungkin penyebab salah satu kecelakaan kalau kita lihat di lapangan karena over load. Dengan kapasitas yang melebihi (penumpang), maka mengalami kebocoran bagian belakang boat tersebut," kata Ruvinus.

Menurutnya, sebelum kejadian, cuaca pagi itu sejak kapal boat berangkat sedang hujan dan rawan. "Ombaknya di lautan kurang lebih satu sampai dua meter," jelas Ruvinus.

Menurutnya, selain mengevakuasi puluhan penumpang kapal yang kecelakaan tersebut, Tim SAR Gabungan juga mengevakuasi puluhan penumpang kapal wisata lainnya yang bersamaan berangkat menuju Pulau Kalimantung, Kabupaten Tapteng.

Terpisah, Kapolres Tapteng AKBP Basa Emden Banjarnahor menerangkan, kapal wisata nahas itu berangkat pukul 10.30 WIB dari Pantai Indah Pandan, dinahkodai oleh Irwansyah (47) bersama seorang awak kapal Sariadi (30), warga Kecamatan Pandan.

Kapolres menjelaskan, Kapal Boat Wisata Dolphin Lambung 70 yang mengalami kecelakaan membawa 38 penumpang.

"Sebanyak 28 orang penumpang merupakan rombongan jemaat Gereja Retreat Permata GBKP Berastagi Rg Cinta Rakyat 2024 Kabupaten Tanah Karo, enam orang rombongan keluarga dari Kabupaten Asahan dan Kabupaten Batubara serta dua orang agen traveling dan dua orang ABK," jelas AKBP Basa Emden.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:27
01:32
03:26
07:52
18:08
10:14
Viral