Cegah Kebakaran Hutan, Petugas Lakukan Modifikasi Cuaca dengan Menabur Garam untuk Menciptakan Awan Buatan.
Sumber :
  • M Arifin

Cegah Kebakaran Hutan di Riau, Petugas Modifikasi Cuaca Tabur Garam untuk Ciptakan Awan Buatan

Senin, 1 Juli 2024 - 17:41 WIB

Pekanbaru, tvOnenews.com - Memasuki musim kemarau, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) melakukan operasi Modifikasi Cuaca (OMC) yang bertujuan untuk membasahi lahan gambut sebagai langkah pencegahan dan mitigasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, Senin (1/7/2024).

Sebelumnya OMC periode pertama telah digelar pada 14-25 Juni 2024 yang lalu dengan total 14,4 ton garam.

Koordinator Lapangan Ops. Modifikasi Cuaca BMKG, Bayu Prayoga mengatakan Kegiatan OMC ini didukung stakeholder terkait seperti KLHK, TNI AU, BPBD Provinsi Riau, serta Pemerintah Provinsi Riau.

“Kegiatan tersebut memasuki periode kedua dan digelar mulai 25 juni dan akan terus direncanakan hingga 3 Juli 2024 mendatang,”kata Bayu.

Bayu menambahkan, setiap hari bisa dilakukan satu hingga dua kali penerbangan dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru yang membawa 800 kg bahan semai dalam sekali penerbangan ke sejumlah daerah di Provinsi Riau.

“800 kg itu akan kita masukkan ke dalam awan di seluruh area di Provinsi Riau khusus untuk prioritas kami adalah awan-awan yang memiliki tutupan lahan gambut di bawahnya, jadi modifikasi cuaca ini bertujuan untuk membasahi lahan gambut lewat hujan yang dipicu dari modifikasi cuaca," tambahnya.

Dilanjutkan Bayu, penerbangan kali ini akan difokuskan ke sebagian utara dan pesisir timur Riau, seperti Kabupaten Rohil, Dumai, Bengkalis, Siak dan Pelalawan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:48
02:59
01:19
02:16
04:29
01:58
Viral