Presiden Jokowi saat melakukan panen kopi di Desa Kambahang, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat. Lampung Barat, Jumat (12/7/2024)..
Sumber :
  • Antara

Presiden Jokowi: Semua Komoditas Harus Masuk Industrialisasi dan Hilirisasi

Jumat, 12 Juli 2024 - 15:20 WIB

Lampung Barat, tvOnenews.com - Semua komoditas perkebunan dan pertanian harus masuk dalam industrialisasi serta hilirisasi untuk meningkatkan nilai jual komoditas. Hal itu disampaikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dalam kunjungan kerjanya ke Lampung Barat, Jumat (12/7/2024). 

"Semua komoditas pertanian kita harus masuk kepada industrialisasi dan masuk ke hilirisasi. Saya melihat di depan banyak produk kopi yang kemasannya sudah bagus dan siap untuk di ekspor," ujar Jokowi di Lampung Barat.

Dengan adanya industrialisasi dan hilirisasi komoditas perkebunan ataupun pertanian diharapkan bisa meningkatkan nilai jual komoditas sehingga menunjang kesejahteraan petani.

"Semua harusnya bisa dilakukan pengemasan yang siap ekspor seperti yang ada di sini," katanya.

Dia menjelaskan seharusnya perdagangan komoditas perkebunan dan pertanian di berbagai daerah saat ini tidak dilakukan dalam bentuk bahan mentah melainkan menjadi beragam produk turunan.

"Sebaiknya perdagangan komoditas ekspor ini bukan dalam bentuk mentah yang berpuluh-puluh atau sejak ratusan tahun kita lakukan. Komoditas dalam bentuk mentah ini harus di hilirisasi menjadi produk turunan," ucap dia.

Ia melanjutkan hilirisasi itu dapat dilakukan di Provinsi Lampung untuk beberapa komoditas unggulan daerah seperti kopi. "Ini harus di hilirisasi tidak hanya kopi, cokelat, sawit semuanya bisa, baik komoditas perkebunan tapi juga komoditas pertanian," tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral