Pembuatan Tudong Manto Khas Kabupaten Lingga.
Sumber :
  • Kurnia

Upaya Penguatan Ekraf Kepri, dari Pengembangan Berbasis Daerah hingga Penguatan Pemasaran

Senin, 15 Juli 2024 - 13:27 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Kepulauan Riau memiliki sejumlah sub sektor ekonomi kreatif unggulan yang mengedepankan potensi maritim serta kebudayaan lokal untuk dikembangkan dan dipasarkan.

Sub sektor ekonomi kreatif dimaksud yakni kuliner, fashion, dan kriya. Namun selain itu, Provinsi Kepulauan Riau juga memiliki subsektor ekonomi kreatif yang menjadi prioritas, yakin seni pertunjukan, film, dan game yang ditingkatkan secara berkelanjutan.

“Secara nasional, sub sektor unggulan yang dimiliki Kepri sama, yakni kuliner, Fashion dan kriya. Namun untuk Kepulauan Riau memiliki prioritas, yakni seni pertunjukan, film, dan game," terang Devi Andika, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Senin (15/7/2024).

Menurutnya, sub sektor ekonomi kreatif yang dimiliki kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau berbeda-beda. Namun Dinas Pariwisata Kepri melalui Bidang Ekonomi Kreatif menurutnya berupaya mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk menghasilkan produk dengan mengedepankan keunggulan Kepulauan Riau.

"Kepulauan Riau ini merupakan daerah maritim yang kaya hasil laut. Ini salah satu yang kami Dorong agar dapat menghasilkan produk yang khas agar dapat diterima di pasaran," sebutnya.

Dia mencontohkan produk yang selama ini sudah dihasilkan pelaku ekonomi kreatif Kepulauan Riau diantaranya berupa produk makanan serta kerajinan dari hasil laut. Seperti produk olahan berbahan gonggong (sejenis siput laut khas Kepulauan Riau), lalu dendeng dan abon berbahan ikan tongkol.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral