Petugas BNN tunjukan barang bukti sabu yang disita dari kapal asing..
Sumber :
  • Alboin

BNN RI Tangkap Kapal Asing Bawa 106 Kg Sabu

Rabu, 17 Juli 2024 - 14:47 WIB

Batam, tvOnenews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) RI bersama Bea Cukai mengamankan 106 kilogram narkotika jenis sabu, dari kapal Legend Aquarius berbendera Singapura. Dari hasil pemeriksaan, ratusan kilo sabu ini akan dibawa menuju Australia.

Kepala BNN RI, Komjen Pol Martinus menyebut keberhasilan operasi gabungan ini, berawal dari informasi perjalanan sabu dari Malaysia yang akan melintas di wilayah perairan Kepri.

Dari informasi ini, BNN mengetahui bahwa sabu akan dibawa menggunakan kapal pengangkut barang, dan berangkat dari pelabuhan Johor Malaysia, Kamis (11/7/2024).

"Kemudian kita lakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang melintas di Kepri. Hingga Sabtu kemarin kita dapati kapal yang sesuai ciri-cirinya, saat melintas di perairan Pongkar, Kabupaten Karimun," ujar Komjen Pol Marthinus Hukom saat ditemui di Dermaga Bea Cukai, Tanjung Uncang, Batam, Rabu (17/7/2024).

Setelah mengamankan kapal, petugas kemudian menggiring kapal untuk pemeriksaan lebih mendalam ke salah satu pelabuhan di Sekupang.

Pemeriksaan terhadap seluruh isi kapal, juga melibatkan personel K9 yang berhasil mengendus keberadaan barang bukti di bagian tangki bahan bakar.

"Keberadaan K9 ini sangat penting. Kemampuan K9 mengendus lokasi barang bukti sangat spesifik. Karena mereka bisa sangat spesifik, sesuai dengan pelatihan yang sudah mereka lakukan setiap hari," lanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral