Tampak lokasi kebakaran sudah meluas hingga ke hutan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh..
Sumber :
  • Tarmizi

Lebih dari 12 Hektare Hutan di Kawasan TNBT Jambi Hangus Terbakar

Minggu, 4 Agustus 2024 - 14:30 WIB

Tebo, tvOnenews.com - Tim gabungan Karhutlah yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD dan Manggala Agni kabupaten Tebo, mendatangi lokasi kebakaran hutan dan lahan yang berada di desa pemayungan, Kecamatan Sumay, Jambi, pada Rabu (31/7/2024) lalu.

Petugas yang datang ke lokasi langsung berjibaku memadamkan api menggunakan peralatan pemadaman, bahkan lokasi yang terbakar kini sudah meluas hingga ke wilayah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT).

Berdasarkan hasil penyelidikan awal, kawasan hutan alam bukit tigapuluh ini diduga sengaja dibakar oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab.

Pj Bupati Tebo, Varial Adhi Putra, mengatakan ia bersama Kapolres dan Dandim berupaya mendatangi lokasi kawasan yang terbakar.

"Beberapa titik sudah kita ambil data dan dokumennya untuk ditindaklanjuti, kami berharap tidak terulang lagi dan pembakaran hutan ini adalah kejahatan yang paling berat," sebut Pj Bupati.

Dikatakannya juga, agar lahan yang terbakar ini tidak meluas, pemerintah daerah bersama unsur Forkopimda Kabupaten Tebo akan mendirikan sejumlah posko pemantauan Karhutlah yang bekerja sama dengan perusahaan sekitar lokasi kebakaran.

"Kita akan berupaya keras untuk memadamkan api yang sudah merambah ke kawasan hutan yang terus menyala ini, dan kita upayakan untuk diselesaikan," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral