Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 mengenakan pakaian adat nusantara..
Sumber :
  • tim tvOne/Pujiansyah

Unik Upacara Kemerdekaan RI ke-79 di Lampung Mengenakan Pakaian Adat Nusantara hingga Bahasa Lampung

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 15:18 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com – Semarak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Perumahan Griya Abdi Negara, Sukabumi, Bandar Lampung menghadirkan sebuah upacara yang berbeda.

Dengan mengusung tema keberagaman budaya, upacara ini menggabungkan elemen-elemen tradisi Nusantara dan bahasa Lampung, menciptakan pengalaman yang unik dan berkesan bagi semua yang hadir.

Berlangsung sekitar pukul 09.30 WIB, upacara dimulai dengan seluruh peserta mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. 

Tidak hanya itu, bahasa Lampung juga digunakan sebagai bahasa utama selama rangkaian acara, mulai dari pembukaan hingga sambutan. 

Hal ini menambah keunikan peringatan kemerdekaan, di mana pembina upacara disebut sebagai "penyimbang utama" dan komandan upacara disebut dengan sebutan "penyimbang upacara".

Suasana khidmat dan penuh semangat terlihat jelas saat detik-detik kemerdekaan diperingati. Penyimbang utama memimpin jalannya upacara dengan penuh wibawa. Sementara peserta dari berbagai kalangan usia turut serta mengenakan pakaian adat yang beraneka ragam, memperlihatkan keberagaman yang menjadi identitas bangsa Indonesia.

Keunikan lain, yang menjadi sorotan adalah penggunaan bahasa Lampung dalam seluruh rangkaian upacara. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral