Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut Basarin Yunus Tanjung..
Sumber :
  • Sri Gustina Hasan

Waspada Cacar Monyet Merebak, Plt Kadis Kesehatan Sumut Ingatkan Ini

Selasa, 20 Agustus 2024 - 14:58 WIB

Medan, tvOnenews.com - Menghadapi ancaman penyebaran penyakit M-Pox (monkeypox) atau cacar monyet, Dinas Kesehatan Provinsi Sumut telah menyiapkan serangkaian langkah antisipasi di wilayahnya.

Langkah bertujuan untuk meminimalisir risiko penyebaran dan memastikan respons yang cepat serta tepat jika ditemukan kasus di wilayah ini.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut Basarin Yunus Tanjung, menjelaskan belum ditemukannya kasus M-Pox di wilayah Sumut. Namun, pihaknya terus memantau perkembangan situasi dan bersiap untuk menghadapi kemungkinan terburuk.

“Kami terus memantau perkembangan informasi terkait M-Pox melalui website resmi Kementerian Kesehatan. Selain itu, kami telah menerapkan langkah-langkah preventif, deteksi, dan respon yang mengacu pada Pedoman Pencegahan dan Pengendalian M-Pox," ujarnya Senin (19/8/2024) malam.

Dikatakannya, pihaknya (Dinas Kesehatan) telah mengaktifkan sistem pemantauan kasus melalui laporan Event Bases Surveillance (EBS) di aplikasi SKDR dan PHEOC.

Jika ada laporan kasus yang sesuai dengan definisi operasional M-Pox, akan segera ditindaklanjuti, termasuk dengan mengirimkan spesimen kasus ke laboratorium rujukan nasional.

Mengenai kasus suspek, probable, atau konfirmasi M-Pox, investigasi akan dilakukan dalam waktu 24 jam, termasuk pelacakan kontak erat dari kasus yang ditemukan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral