Kondisi tumpukan sampah di TPA Renah Padun Tinggi Kita Sungaipenuh..
Sumber :
  • Arizal Antoni

Gunungan Sampah, Warga Sungai Ning Kota Sungaipenuh Jambi Desak Pemkot Tutup TPA di Renah Padang Tinggi

Minggu, 25 Agustus 2024 - 15:25 WIB

Sungaipenuh, tvOnenews.com - Bau busuk sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Renah Padang Tinggi (RPT) di Desa Sungai Ning, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungaipenuh, Jambi dikeluhkan oleh masyarakat.

Pengelolaan yang buruk dari Dinas Lingkungam Hidup (DLH) Kota Sungaipenuh ditengarai menjadi penyebab masalah ini. Hal itu dibenarkan oleh warga saat dimintai keterangannya oleh tvOnenews.com, Sabtu (24/8/2024).

“Benar, masyarakat protes bau sampah di TPA Renah Padang Tinggi (RPT) kita menginginkan TPA ini dipindahkan atau ada tindaklanjut dari pemerintah atau dinas terkait agar masalah ini tidak terus terjadi,” ujar Deki Hamdani.

Lebih lanjut Deki mengatakan, ada beberapa hal yang dikhawatirkan, antara lain tumpukan sampah yang menggunung hingga ribuan ton ini longsor, bangunan yang menjorok ke sungai, longsoran sampah, plengsengan jebol, longsoran menutupi sungai, dan rembesan air lindi di plengsengan sungai yang mengaliri di sepanjang permukiman warga sudah berbau tidak sedap.

Selain itu keberadaan TPA di RPT ini juga sangat merugikan ekonomi masyarakat, karena air sungai tidak bisa lagi dimanfaatkan oleh warga.

“Mayoritas masyarakat Sungai Ning membuka usaha tempe, keripik ubi dan usaha lainnya yang bergantung dengan air sungai yang biasanya dijadikan untuk mencuci bahan-bahan, tetapi saat ini air sungai sudah tidak bisa digunakan karena sudah berbau dan dipenuhi sampah,” ungkap Deki.

Hal serupa juga diungkapkan oleh salah seorang pengusaha yang selama ini menggunakan air sungai sebagai alat untuk membersihkan bahan usahanya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral