Pasar Horas Pematangsiantar..
Sumber :
  • Daud Sitohang

253 Kios Lantai II Gedung IV Pasar Horas Siantar Ludes Terbakar, Kerugian Capai Miliaran Rupiah

Senin, 23 September 2024 - 05:32 WIB

Pematangsiantar, tvOnenews.com - Kebakaran hebat melanda kawasan pusat Pasar tradisional Kota Pematangsiantar, Sumatera utara. Sebanyak 253 kios yang berada di Lantai II Gedung IV, di Jalan Merdeka, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara ini ludes dilalap si jago merah, Minggu (22/9/2024).

Dari informasi yang diperoleh di lokasi, diduga api berasal dari salah satu kios yang berada di sebelah timur gedung di Lantai II, hingga kemudian api dengan cepat melalap dan merembet ke ratusan kios lainnya yang berada di sekitar gedung.

Akibat tiupan angin kencang dan ratusan kios yang terbuat dari bahan semi permanen, dan sebagian besar merupakan kios pakaian bahan bekas, membuat kobaran api cepat membesar dan merembet ke seluruh gedung hingga ludes terbakar.

Sebanyak lima unit mobil pemadam kebakaran milik Pemko Pematangsiantar, dibantu tiga unit pemadam kebakaran milik swasta PT STTC, tiga unit damkar milik Pemkab Kabupaten Simalungun, dua kendaraan taktis water canon milik Brimob Pematangsiantar dan Polres Pematangsiantar, dikerahkan ke lokasi guna memadamkan api.

Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno yang ditemui di lokasi menyebutkan, pihaknya memperoleh informasi adanya terjadinya kebakaran sekitar pukul 12.00 WIB. Mendapat informasi tersebut petugas kemudian meluncur ke lokasi guna ikut membantu mengamankan lokasi kebakaran.

“Kita  masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran, dan setelah api dapat di padamkan Polres Pematangsiantar akan berkordinasi dengan tim labfor forensik Polda Sumut guna melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran”, sebut Yogen.

Terpisah, Remaja Ginting selaku Kepala Operasional Damkar Kota Pematangsiantar menyebutkan, tiga jam berselang pasca kebakaran api sudah mulai terlihat dapat dipadamkan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:58
00:42
02:45
00:54
07:31
11:58
Viral