Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni menyampaikan Laporan Kinerja Triwulan Pertama periode 24 Juni hingga 24 September 2024 pada Inspektorat Jenderal Kemendagri di Kantor Kemendagri, Jakarta..
Sumber :
  • tim tvOne

Kemendagri Apresiasi Kinerja Pj Gubernur Agus Fatoni di Sumut

Rabu, 25 September 2024 - 21:39 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Tim Evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi kinerja Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni selama menjabat di Sumut. Hal itu disampaikan pada saat penyampain Laporan Kinerja Triwulan Pertama periode 24 Juni hingga 24 September 2024 pada Inspektorat Jenderal Kemendagri di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (24/9/2024).

Dalam kesempatan ini, Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Yusharto Huntoyungo mengapresiasi capaian-capaian dari laporan yang disampaikan Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni. Di antaranya terkait dengan pertumbuhan ekonomi, inflasi, stunting, pembinaan dan penguatan BUMD, hingga pengelolaan APBD, perizinan berusaha, serta kegiatan inovasi dan unggulan. 

“Capaian-capaian yang disampaikan Pj Gubernur Fatoni ini kita apresiasi, lengkap sekali. Kemendagri pada prinsipnya akan selalu mendukung apa yang dilakukan pemerintah daerah dalam memajukan wilayahnya,” kata Yusharto. 

Selain itu, dia juga mengapresiasi Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni yang berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi menjadi sebesar 4,95 persen jika dibandingkan pada triwulan sebelumnya hanya 4,88 persen.

Tak hanya itu, Yusharto juga memunji Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni yang berhasil menurunkan tingkat inflasi di Sumut setelah menjabat sebagai Kepala Daerah. Tercatat pada bulan Juni 2024 inflasi Sumut berada pada angka 3,35 persen dan turun pada bulan Juli sebesar 2,06 persen Bahkan tercatat pada bulan Agustus 2024 angka inflasi di Sumut hanya sebesar 1,86 persen dan angka tersebut merupakan di bawah angka inflasi nasional. 

Kemudian, prestasi Sumut lainnya adalah berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 8,15 persen di tahun 2023 menjadi 7,99 persen pada tahun 2024. Kemendagri juga melihat angka tersebut menunjukkan positif dan diharapkan dapat terus turun di masa mendatang. 

“Kita juga melihat angka kemiskinan di Sumut menunjukkan tren pergerakan ke arah positif, tidak terjadi penambahan, dengan program-program pemda dan sinergi dengan pemerintah pusat, kita harapkan angka ini terus menurun,” ucap Yusharto. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
02:34
07:08
02:04
19:18
06:15
Viral