Salah seorang tersangka yang ditahan dimasukkan ke dalam mobil tahanan..
Sumber :
  • tim tvOne/Syaren

Setelah Mantan Kadis, Kejatisu Tahan Dua Tersangka Baru Kasus BOK dan Jaspel Tapteng

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 23:11 WIB

Tapteng, tvOnenews.com - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) menahan dua orang tersangka baru dalam dugaan korupsi Biaya Operasional Kesehatan (BOK) dan uang Jasa Pelayanan (Jaspel) Puskesmas di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara (Sumut) tahun anggaran (TA) 2023.

Adapun dua tersangka baru yang ditahan tersebut, yaitu Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Rujukan Dinas Kesehatan (Dinkes) berinisial HNG dan Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Dinkes berinisial HH.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejatisu, Adre Ginting, menjelaskan bahwa kedua tersangka ini ikut serta membantu mantan Kadinkes Tapteng berinisial N yang telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan lebih awal.

“Para tersangka mengumpulkan Kepala UPTD Puskesmas se-Kabupaten Tapteng dalam rangka memerintahkan pemotongan BOK dan Jaspel untuk dana taktis Dinkes,” jelasnya kepada wartawan, Kamis (24/10/2024).

Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan, lanjut Adre, praktik ini diduga telah merugikan keuangan negara Rp.8 miliar lebih. Seharusnya, kata dia, dana itu menjadi hak para pegawai Puskesmas yang bertujuan untuk dana taktis Dinkes.

Adre pun menjelaskan alasan dilakukannya penahanan terhadap kedua tersangka.

Katanya, karena pihaknya telah memiliki minimal 2 alat bukti, kedua tersangka dikhawatirkan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti dan/atau mengulangi tindak pidana.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:30
03:14
01:20
03:04
01:37
03:36
Viral