Warga Tanggamus Lampung Membuat Minyak Goreng dengan Bahan Baku Kelapa.
Sumber :
  • Tim TvOne/Pujiansyah

Minyak Goreng Langka, Warga Lampung Buat Migor dari Santan Kelapa

Senin, 28 Februari 2022 - 11:09 WIB

Pringsewu, Lampung - Kelangkaan minyak goreng dan kenaikan harga yang mahal, membuat Susi Purbasari warga di Kabupaten Tanggamus, Lampung, berinisiatif membuat minyak goreng dengan bahan baku kelapa. Ia pun sering mengalami kekecewaan karena tidak kebagian minyak goreng kemasan saat mengantri di minimarket. 

Dengan menggunakan bahan yang murah dan mudah didapat, yakni buah kelapa, ia membuat minyak goreng yang saat ini paling dicari-cari masyarakat. Minyak kelapa ini pun diyakini lebih enak dibandingkan dengan minyak goreng kemasan.

Menurut Susi Purbasari, ia membuat minyak kelapa dengan 40 butir kelapa yang dimasak dengan dua kali karena terkendala tempat masak atau tungku. Dalam 20 butir kelapa masakan pertama dapat menghasilkan 2 liter minyak kelapa. 

"Karena susah mencari minyak goreng sawit, saya berpikir untuk membuat minyak goreng dari buah kelapa. Umumnya warga sudah paham dalam pembuatan minyak kelapa, karena sering membuat minyak kelapa untuk kebutuhan rumah tangga di setiap rumah," jelas Susi.

Susi menambahkan, proses pembuatan minyak goreng kelapa tidak sulit. Pertama, dimulai dari memarut kelapa yang bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan mesin. Kedua, ampas dari kelapa kemudian diperas untuk menjadi santan. 

Santan kemudian dimasak, selama kurang lebih dua jam. Minyak dipisahkan dari limbah minyak atau disebut ketek.dan ketek pun dapat dikonsumsi untuk campuran sayur  atau sambal. "Saat membuat santan jangan terlalu encer. Bila santannya encer, proses memasaknya akan terlalu lama dan ruginya di gas," ungkapnya. 

Sementara itu, Hermawan, pengepul kelapa mengatakan, dalam setiap harinya  tidak kurang dari empat orang membeli kelapa untuk dibuat minyak. Pembeli umumnya memilih buah kelapa tua dan kering , karena diyakini mengandung minyak lebih banyak dibandingkan dengan kelapa sayur atau yang masih muda. (Pujiansyah/Nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:34
01:55
02:35
01:52
06:46
01:23
Viral