Gempa Magnitudo 5,2 mengguncang Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Chaidir

Diguncang Gempa 5,2 Magnitudo, BMKG Minta Warga Tetap Tenang

Kamis, 10 Maret 2022 - 16:26 WIB

Aceh Barat, Aceh - Gempa Magnitudo 5,2 mengguncang Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Gempa tersebut sempat membuat warga panik.

Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdi, mengatakan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,83° LU ; 95,83° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 48 Km arah Barat Daya Kota Meulaboh, Aceh pada kedalaman 54 Km.

"Gempa ini terasa hingga berapa kabupaten seperti, Meulaboh, Calang, Banda Aceh, Sigli hingga Tapak Tuan, Alhamdulillah tidak berpotenesi tsunami," sebut Andi, Kamis (10/3/2022).

 Andi menambahkan gempa bumi yang terjadi pada pukul 11.26 WIB merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. "Ini jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Ausralia," jelas Andi.

Meski tidak menimbulkan kerusakan, namun gempa bumi ini sempat membuat warga Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat panik. Kepada warga, Andi mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, Andi meminta kepada warga untuk memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa. Bila telah dipastikan aman, maka warga kembali ke rumah masing-masing. (Chaidir Azhar/Wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral