Pesona Masjid Giok Nagan Raya Menjadi Objek Wisata Religi di Bulan Ramadhan.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Chaidir Azhar

Pesona Masjid Giok Nagan Raya Menjadi Objek Wisata Religi di Bulan Ramadhan

Selasa, 12 April 2022 - 12:44 WIB

Nagan Raya, Aceh - Masjid Agung A’la atau dikenal dengan Masjid Giok yang terletak Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, kini sedang menjadi tempat wisata religi oleh sebagian warga di dalam bulan Ramadhan
 
Masyarakat lokal maupun dari luar daerah berbondong datang hanya untuk mengobati rasa penasaran akan nuansa alami keindahan dan sejuknya masjid yang dilapisi oleh batu mulia jenis giok.
 
Dibangun di atas lahan seluas 15 hektare, dengan lantai dan dinding di lapisan batu giok, membuat kesejukan alam terasa saat masuk ke masjid tersebut.

Masjid giok ini berarsitek Timur Tengah dipadukan dengan interior ala Aceh, membuat masjid ini berbeda dengan masjid lainnya di Aceh, apalagi dilapisi oleh batu mulia.
 
Ornamen penghias yang berwarna keemasan menambah kesan mewah dan elegan dan ciri khas tersendiri masjid ini.
 
Jajaran keramik dari batu giok pada dinding cukup pula menarik perhatian bagi pengunjung, perpaduan warna biru tua, biru muda, hijau, coklat dan kehitaman nampak kesan alaminya. Selain itu, tiang bangunan juga terlapisi oleh bahan tersebut.
 
Pada bagian dalam kubah masjid, terdapat ornamen yang cukup membuat mata terpesona ala bangunan ibadah di negara Timur Tengah, membuat keindahannya bak berada di negeri Arab.
 
Salah seorang pengunjung, Teuku Dedi Iskandar, mengungkapkan, dirinya cukup tertarik saat berada di dalam masjid, selain adem, suasana dingin yang ditimbulkan batu giok, sangat membuat nyaman untuk berlama-lama.
 
“Ini sebuah karya yang sangat berkesan, baru kali ini mungkin karya pertama yang ada di Indonesia, satu-satunya masjid yang ada Indonesia yang membuat kita sangat nyaman untuk salat di sini,” ucapnya Dedi. Pada Selasa (12/4/2022).
 
Menurutnya, ornamen dan interior masjid berbahan batu giok itu sangat langka didapati di daerah lain, sehingga menjadi keunikan tersendiri bagi para pengunjung nantinya. Mungkin saja, saat ini belum diresmikan karena belum rampung. Jika sudah dibuka untuk umum pasti akan ramai didatangi.
 
“Karena interiornya, bahan bakunya dari batu giok, karena ada temuan batu giok yang cukup besar, pemerintah berniat melapisi lantai dan dindingnya dari batu giok tersebut,” ucap Dedi kepada tvonenews.com.(CA/Lno)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral