Wapres RI Ma'ruf Amin tiba di Bandara Rembele Bener Meriah Aceh.
Sumber :
  • Chaidir Azhar

Buka PTG Ke-52 RRI di Tekengon, Wapres Ma'ruf Minta Umat Jaga Persatuan dengan Panduan Al-Qur'an

Rabu, 13 April 2022 - 21:33 WIB

Aceh Tengah, Aceh - Buka Pekan Tilawatil Qur'an (PTG) ke-52 Radio Republik Indonesia (RRI) tingkat nasional di Takengon Kabupaten Aceh Tengah Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin minta umat menjaga persatuan.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta seluruh umat menjadikan Al-Qur'an menjadi panduan tatanan bagi kehidupan manusia.

“Generasi pecinta Al-Qur’an harus dapat memberikan kontribusi bagi bangsa dan menghadirkan teladan yang baik, uswah hasanah, bagi masyarakat sesuai dengan pesan-pesan luhur Al-Qur’an, termasuk menjaga persaudaraan dan persatuan. Karena, persaudaraan dan persatuan itu akan membawa kemaslahatan bagi kehidupan bangsa,” tutur Wapres, Rabu (13/4/2022).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, dengan pengamalan nilai-nilai baik dalam Al-Qur’an secara konsisten, maka perbuatan tidak baik dapat dihindarkan. Sebab, nilai-nilai dalam Al-Qur’an sudah menjadi benteng pertahanan yang tertanam dalam diri setiap individu.

“Oleh sebab itu, jika sudah memahami Al-Qur’an dengan benar dan konsisten mengamalkannya, maka tidak ada lagi praktik adu domba, memproduksi dan menyebarkan berita bohong, ujaran kebencian, maupun praktik tidak baik lainnya, karena hal tersebut dilarang Al-Qur’an,” ungkap Ma'ruf.

Dari sisi ilmu pengetahuan, tambah Wapres, di dalam Al-Qur’an juga terdapat tuntunan bagi pengembangan ilmu pengetahuan, salah satunya ilmu ekonomi.

“Al-Qur’an juga mengandung ajaran tentang prinsip-prinsip ekonomi, antara lain nilai-nilai kejujuran, pemerataan, keadilan, larangan berbuat zalim, ribawi, mengambil hak orang lain secara tidak sah, dan lain-lain,” papar Wapres. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral