Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Pujiansyah

Dinas Kesehatan Lampung Temukan Anak Terindikasi Kasus Gagal Ginjal Akut

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 12:21 WIB

Bandar Lampung, Lampung - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung secara resmi mengumumkan bahwa di Provinsi Lampung telah ditemukan satu kasus gagal ginjal akut progresif atipikal pada anak.

"Telah ditemukan satu orang anak yang berusia 11 bulan berasal dari Kota Bandar Lampung menderita Acute Kidney Injury (AKI). Saat ini anak tersebut sedang dalam perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, dikutip dari akun Instagram resmi Dinas Kesehatan, Sabtu (22/10/2022).

Reihana melanjutkan, pihaknya telah melakukan beberapa langkah dan tindakan atas adanya satu kasus tersebut. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung telah melakukan beberapa hal, yakni penyelidikan epidemiologi, pengambilan spesimen darah, tes usap nasofaring dan pemeriksaan obat-obatan yang dikonsumsi oleh pasien.

"Petugas telah pengambilan spesimen darah dan urine, swab nasofaring, serta pemeriksaan obat-obatan yang dikonsumsi oleh pasien tersebut untuk diuji lebih lanjut," jelasnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat diminta untuk tetap waspada, dan memperhatikan kondisi anak ataupun balita. Apabila ada anak 0-18 tahun atau mayoritas berusia balita mengalami gejala seperti buang air kecil sedikit atau bahkan tidak ada urine saat buang air kecil maka segera melaporkan kejadian tersebut kepada petugas.

"Bila ditemukan anak di bawah usia 18 tahun atau balita memiliki gejala mengarah ke gagal ginjal pada anak seperti kekurangan urine saat buang air kecil untuk segera melaporkan kejadian tersebut ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat," ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan kepada petugas jika mengetahui ada gejala klinis mengarah ke gagal ginjal akut. "Tidak perlu panik, kita tetap berperilaku hidup bersih dan sehat agar kita terhindar dari penyakit tersebut," pungkas Reihana. (puj/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:47
03:10
06:27
06:11
03:16
01:02
Viral