kondisi longsor di Jalinsum Sipirok.
Sumber :
  • Tim TvOne/Dedi H

2 Titik Longsor di Jalinsum Tapsel, Ratusan Kendaraan Tidak Bergerak

Jumat, 18 November 2022 - 17:40 WIB

Tapanuli Selatan, Sumatera Utara - Curah hujan yang tinggi dalam sepekan di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, mengakibatkan daerah tersebut dikepung longsor. Seperti halnya di jalur lintas tengah Sumatera, di Dusun Pengkolan, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) diterjang longsor, akibatnya akses jalur lintas tengah Sumatera lumpuh selama 13 jam.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tapsel, Fachri Ananda Harahap, saat dikonfirmasi tvonenews.com melalui telepon seluler Jumat (18/11/22) mengatakan, longsor bukit di Desa Luat Lombang terjadi pada Kamis (17/11/22) tengah malam tadi sekira pukul 23:00 WIB, mengakibatkan akses lalu lintas di jalur lintas tengah sejauh 2 kilometer macet total.

Untuk mengatasi situasi tersebut, dua unit alat berat dari Dinas PUPR Tapsel dan Balai Besar Jalan Nasional diturunkan ke lokasi untuk membersihkan material longsor sepanjang 30 meter yang menutupi badan jalan lintas tengah Sumatera tersebut. Akses jalan baru bisa dilalui pada Jumat siang sekira pukul 12:00 WIB.

"Kita turunkan 2 unit alat berat untuk membersihkan material longsor, siang tadi sekira pukul 12:00 WIB jalan sudah bisa dilalui kendaraan," ungkap Fachri.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR Tapsel, Fachri Ananda Harahap, mengimbau para pengguna jalur lintas tengah Sumatera harus ekstra hati-hati saat melintasi jalur lintas di Desa Luat Lombang saat musim penghujan tiba, karena daerah tersebut rawan longsor.

Longsor serupa juga terjadi di jalur lintas Barat Sumatera tepatnya di Dusun Tobotan III, Desa Sibangkua, Kecamatan Angkola Barat, Tapanuli Selatan. Longsor sepanjang 50 meter ini mengakibatkan akses Jalinsum lumpuh sekitar 4,5 jam. Akibatnya ratusan kendaraan terjebak kemacetan panjang sekitar 2 kilometer.

Petugas gabungan dari Dinas PUPR, Polres Tapsel dan BPBD Tapsel yang turun ke lokasi langsung membersihkan material longsor dan mengatur laju lalu lintas. "Akses jalan di dua titik longsor tersebut sudah bisa dilalui siang ini, kita harap para pengguna jalan harus ekstra hati-hati saat berkendara di musim penghujan saat ini,” tutup Facri. (dho/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:28
01:43
03:04
02:10
03:23
06:38
Viral