Petugas Damkar Yogyakarta saat melakukan penyelamatan ayam kate yang menelan mata kail pancing, Minggu (5/3/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Ayam Kate Telan Mata Kail Pancing, Tim Damkarmat Kota Yogyakarta Lakukan Operasi Kecil

Senin, 6 Maret 2023 - 09:19 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Seekor ayam milik warga Wirobrajan Kota Yogyakarta diselamatkan petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta setelah menelan mata kail pancing pada Minggu (5/3/2023). Petugas melakukan operasi kecil pada bagian tembolok untuk mengeluarkan mata kail pancing itu.

Diki Bagus Setiawan yang merupakan pemilik ayam menjelaskan, kejadian itu bermula saat dirinya pulang memancing. Ia tanpa sadar dan kurang hati-hati meletakkan joran di dinding rumahnya. Kondisi joran berikut mata kail saat itu masih melekat cacing yang lupa dilepaskannya.

"Posisi joran saya letakkan berdiri di tembok rumah. Dan dengan pintarnya ayam mau ambil cacingnya dengan cara menjatuhkan pancingannya dari senderan tembok habis itu ayamnya memakan cacingnya beserta mata pancingnya hingga menyangkut ke tenggorokan," kata Diki.

Peristiwa ayam kate menelan pancing tersebut terjadi sekitar pukul 16.43 WIB. Melihat ayam dalam kondisi kritis, pemilik lantas membawa peliharaannya itu ke petugas Damkarmat Kota Yogyakarta.

Kepala Damkarmat Kota Yogyakarta, Octo Moor Arafat menjelaskan petugas Damkarmat Kota Yogyakarta kemudian melalukan tindakan penyelematan berupa operasi kecil. 

Petugas yang piket di kantor tersebut langsung melakukan operasi kecil pada bagian tembolok ayam berjenis kate itu. Proses operasi Ayam Kate berjalan lancar dan berlangsung sekitar 30 menit. 

"Kurang lebih setengah jam operasi selesai kami lakukan dan ayam kembali selamat," kata Octo.

Usai dilakukan operasi kecil tersebut, ayam Kate kemudian dilepaskan dan kondisinya berangsur membaik seperti sediakala. (Nur/Buz) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:28
00:40
01:47
01:34
03:44
02:58
Viral