Wakapolda DIY bersama seniman Pasar Kangen 2023..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Akhir Pekan di Yogyakarta Mau Kemana? Yuk ke Pasar Kangen di Polda DIY

Rabu, 15 Maret 2023 - 17:36 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menghadirkan sesuatu yang berbeda pada akhir pekan ini. Mereka akan menggelar Pasar Kangen yang selama ini menjadi salah satu ikon seni budaya di DIY.

Pasar Kangen bertajuk Wiwitan Pasa (dimulainya puasa) ini akan berlangsung selama tiga hari, Jumat-Minggu, 17-19 Maret 2023. Tradisi Wiwitan Pasa ini dirancang dan disiapkan sebagai ikhtiar untuk mengawali bulan suci Ramadhan 2023.

"Memadukan atmosfer religiusitas dengan kesenian serta gerakan ekonomi kerakyatan bernama "Pasar Kangen". Tahun 2023 Polda DIY ikut menyelenggarakan Wiwitan Pasa sebagai bukti keistimewaan Yogyakarta serta sebagai wahana membangun persaudaraan dan persatuan," kata Wakapolda DIY Brigjend R. Slamet Santoso saat jumpa pers di kantornya, Rabu (15/3/2023).

Dijelaskan Wakapolda, kegiatan ini sebagai upaya Polda DIY untuk membuka diri sekaligus menciptakan ruang silaturahmi antara polisi, pelaku seni, dengan masyarakat umum. Selain itu, juga bertujuan mengawali ibadah puasa dengan kesucian lahir dan batin.

"Juga meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM, dan menampilkan Yogyakarta sebagai kota budaya melalui kolaborasi antara petugas keamanan dengan para pelaku seni," terangnya.

Salah seorang seniman, Butet Kertaradjasa mengatakan bahwa ini merupakan pertama kalinya kantor polisi digunakan sebagai acara seni budaya seperti Pasar Kangen. Masyarakat bisa datang ke kantor polisi dengan suasana gembira, sambil menikmati seni budaya serta kuliner.

"Orang biasanya datang ke kantor polisi karena sedang bermasalah dengan hukum, datang dengan rasa cemas dan takut. Namun lewat Wiwitan Pasa menjadikan orang bisa datang untuk melihat lukisan dan menikmati Pasar Kangen," ujar Butet.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral