Salah satu produk UMKM berbasis kelapa sawit mengikuti bazar Pesta Sawit Bersama Rakyat di Politeknik LPP Yogyakarta..
Sumber :
  • tvOnenews - Nuryanto

Asosiasi Planters Muda Indonesia Bekerjasama dengan BPDPKS dan GAPKI Gelar Workshop UMKM Muda

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:24 WIB

tvOnenews.com - Sebanyak dua puluhan UMKM dari kalangan anak muda di Yogyakarta yang merupakan produk daru turunan kelapa sawit mengikuti Pesta Sawit Bersama Rakyat yang digekar di LPP Yogyakarta. Produk tersebut diantaranya coklat, crem, hingga kosmetik berbahan kelapa sawit.

Saat ini, di Indonesia telah berhasil dikembangkan sekitar 179 produk turunan sawit sehingga potensi produk turunan berbasis kelapa sawit sangat mendukung pertumbuhan ekonomi. Salah satu peserta yakni Raras Soetoro, UMKM kosmetik asal Sleman Yogyakarta menyebutkan sejumlah keunggulan produk kosmetik berbahan kelapa sawit terutama kaya akan vitamin E. 

"Saya menjual produk seperti lilin aroma terapi, sabun mandi, sampo dan pewangi ruangan yang semuanya dihasilkan dari minyak sawit. Bagus hasil produk karena juga memiliki keunggulan dsri kosmetik inu terutama vitamin E," jelasnya.

Untuk lebih mengenalkan dan memasarkan produknya Raras juga mengolah dari hulu ke hilir. 

"Saya olah sendiri mulai dari hulu sampai hilir. Kami memang produk home made di Wedomartani, Sleman. Manfaatnya kan banyak sekali minyak sawit ini, terutama untuk kosmetik dia kayak akan vitamin e," pungkasnya.

Menurut ketua Panitia, M Nur Fadillah, kegiatan pesta sawit bersama rakyat digelar dengan sejumlah rangkaian acara mulai diskusi mengenai isyu terkini, workshop UMKM, talkshow hingga gelaran produk UMKM berbahan kelapa sawit serta berbagai penampilan hiburan.

"Ada sekitar dua puluh UMKM yang ikut dalam kegiatan ini. Semua produk yang ditampilkan sudah memenuhi kriteria yakni berbasis kelapa sawit. Ada coklat, cream, juga kosmetik dan produk gorengan," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
02:38
00:47
01:02
03:32
16:52
Viral