Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Pengawasan Lingkungan, DLH Kota Yogyakarta, Christina Endang Setyowati..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Libur Panjang Sekolah, DLH Kota Yogyakarta Wajibkan Wisatawan Kelola Sampahnya Sendiri

Senin, 24 Juni 2024 - 17:28 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta mewajibkan wisatawan yang tengah berlibur ke kota ini bisa mengelola sampahnya sendiri. Hal ini untuk mengantisipasi adanya peningkatan volume sampah selama libur panjang sekolah.

Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Pengawasan Lingkungan, DLH Kota Yogyakarta, Christina Endang Setyowati mengatakan, penumpukan sampah otomatis terjadi mengingat daerah ini selalu menjadi tujuan para wisatawan untuk menghabiskan masa liburnya.

Karena itu, pihaknya mengimbau para wisatawan agar tidak meninggalkan sampah di area publik seperti tempat parkir kendaraan.

"Biasanya di dalam bus, mereka punya sampah makanan atau sisa-sisa kardus. Ini harus dikelola sendiri minimal di taruh di tempat-tempat yang sudah disiapkan, tidak disebar kemana-mana," katanya kepada awak media di Pemkot Yogyakarta, Senin (24/6/2024).

DLH Kota Yogyakarta segera bekerjasama dengan Dinas Pariwisata supaya menertibkan pengelola wisata yang bertugas di lapangan. Satu di antaranya menyediakan sarana prasana pembuangan sampah bagi wisatawan yang datang.

"Juga, imbauan kepada wisatawan yang diwajibkan bisa mengelola sampahnya masing-masing," imbuh Christina.

Sebagai informasi, Pemkot Yogyakarta saat ini mengelola sampah sekitar 200 ton dari awalnya 300 ton per harinya. Sedangkan sisanya, 100 ton sampah telah terkelola melalui gerakan zero sampah. (scp/buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:41
01:52
05:00
03:06
01:31
03:53
Viral