Deputi Bidang Pengendalian dan Pembangunan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

7 PTN di Indonesia Bakal Jadi Pilot Project Konsep Reforestrasi IKN, Satu di antaranya UGM

Jumat, 9 Agustus 2024 - 20:44 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Deputi Bidang Pengendalian dan Pembangunan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi menyebut, setidaknya ada tujuh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang akan dilibatkan dalam proyek percontohan konsep reforestrasi Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur.

Dari tujuh PTN tersebut, satu di antaranya Universitas Gadjah Mada (UGM) di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Disampaikan Thomas, pihaknya telah menyiapkan lokasi lahan untuk konsep reforestrasi itu termasuk soal perizinan. Sekarang ini, tinggal menunggu persetujuan dari Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN.

"Mudah-mudahan UGM pertama, (Hutan) Wanagama menjadi trigger untuk yang lain. Kita berharap kolaborasi dengan masyarakat dan PTN dapat kita wujudkan untuk membangun IKN," katanya usai menghadiri roundtable forum di UGM, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (9/8/2024). 

Bicara IKN hari ini, di kawasan inti pusat pemerintahan itu eks Hutan Tanaman Industri (HTI). Saat ini, masih monoculture eucalyptus yang digunakan untuk kertas. Dengan konsep reforestrasi nantinya akan merubah HTI menjadi hutan tropis Kalimantan. Makanya, konsep reforestrasi menjadi penting.

"Kita akan mengembalikan hutan tropis Kalimantan bagaimana flora dan fauna kita kembalikan. Biar IKN betul-betul jadi komitmen kami dalam 8 prinsip pembangunan yang menjadi tugas kami," ucapnya. (scp/buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:18
13:38
09:55
01:08
01:39
01:59
Viral