Pengibaran Bendera Merah Putih raksasa di Bukit Klangon, Kabupaten Sleman, Jumat (16/8/2024)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

HUT ke-79 RI, Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan di Bukit Klangon Berlatar Keindahan Gunung Merapi

Jumat, 16 Agustus 2024 - 16:38 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Bendera Merah Putih berukuran raksasa dikibarkan di Bukit Klangon, Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Jumat (16/8/2024).

Pengibaran Sang Saka Merah Putih berukuran 9×6 meter diikuti oleh ratusan elemen masyarakat dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). 

"Hari ini, kami laksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka menyongsong HUT ke-79 Republik Indonesia yang diperingati pada 17 Agustus besok. Dengan peserta kurang lebih 300-an orang terdiri dari berbagai elemen, ada tokoh masyarakat, TNI/Polri, karang taruna, relawan bahkan masyarakat lain juga bebas mengikuti upacara ini," tutur Suroto, Lurah Glagaharjo ditemui di sela persiapan pengibaran bendera.

Menariknya, upacara pengibaran Bendera Merah Putih dilaksanakan di Bukit Klangon yang merupakan salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Sleman.

Dijelaskan Suroto, alasan pengibaran bendera di Bukit Klangon karena konon di Cangkringan, Belanda pernah menyerbu wilayah ini. Sekira Maret 1949 silam, penyerbuan oleh pasukan Belanda telah membumihanguskan rumah-rumah penduduk di dusun sekitar Argomulyo.

Sebelum terjadi pertempuran sengit itu, pasukan Belanda menyisir kampung-kampung penduduk. Kala itu, para pahlawan pun memperjuangkan hingga titik darah penghabisan.

Selain mengandung kisah perjuangan, pengibaran bendera di Bukit Klangon sekaligus mempromosikan destinasi wisata ini.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:29
06:33
02:13
01:05
10:13
03:23
Viral