Ribuan orang long march di jalan Malioboro Yogyakarta tolak revisi RUU Pilkada, Kamis (22/8/2024)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Para Dosen UGM Yogyakarta Serukan Indonesia Darurat Demokrasi, Ini Tuntutannya

Kamis, 22 Agustus 2024 - 12:19 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Para dosen di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta buka suara mengenai situasi politik di Indonesia sekarang ini.

Mereka menyatakan sikap keprihatinannya atas darurat demokrasi yang disebabkan oleh pengabaian oleh Badan Legislasi (Baleg) DPR RI terkait putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

"Demokrasi Indonesia menghadapi masalah serius, yang ditandai ketegangan hukum, manipulasi politik yang dapat berisiko mengancam konstitusi tatanan bernegara dan bermasyarakat," kata Arie Sujito bersama rekan-rekan Dosen UGM dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/8/2024).

Dia menjelaskan, peristiwa manuver politik dari mayoritas kekuatan parlemen yakni pengabaian putusan MK oleh DPR mengenai syarat pencalonan Pilkada 2024 jelas merusak tatanan politik dan hukum serta kaidah keadaban demokrasi. 

Menyikapi situasi darurat ini, para dosen UGM menyatakan sikap sebagai berikut:

Pertama, mengecam segala bentuk intervensi terhadap lembaga legislatif dan yudikatif yang ditujukan untuk memanipulasi prosedur demokrasi sebagai sarana melanggengkan kekuasaan.

Kedua, menolak berbagai bentuk praktik legitimasi praktik kekuasaan yang mendistorsi prinsip demokrasi dan kedaulatan rakyat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:25
03:03
01:47
01:21
11:37
02:51
Viral