Ketua KPU DIY, Ahmad Shidqi..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

14 Paslon Berlaga di Pilkada Kabupaten-Kota se-DIY, Berikut Rinciannya

Jumat, 30 Agustus 2024 - 12:30 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Sebanyak 14 pasangan calon (paslon) baik bupati dan wakil bupati maupun wali kota dan wakil wali kota berlaga dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di 5 kabupaten/kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Untuk diketahui, tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) telah berlangsung pada 27-29 Agustus 2024.

Selama tiga hari tersebut, KPU kabupaten/kota se-DIY menerima pendaftaran bapaslon yang diajukan oleh partai politik (parpol) atau gabungan parpol peserta pemilu.

Ketua KPU DIY, Ahmad Shidqi menyampaikan, sesuai peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang pencalonan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota, parpol atau gabungan parpol peserta pemilu dapat mendaftaran paslon jika telah memenuhi persyaratan akumulasi perolehan suara sah dalam pemilu anggota DPRD di daerah bersangkutan.

Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024, Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo masing-masing 8,5 persen. Kemudian, Kabupaten Bantul, Gunungkidul dan Sleman masing-masing 7,5 persen.

"Untuk rekapitulasi pendaftaran bapaslon yang dilakukan oleh parpol atau gabungan parpol peserta pemilu ada 14 pasangan di 5 kabupaten/kota se-DIY," kata Shidqi, Jumat (30/8/2024).

Dia merinci untuk Kota Yogyakarta terdapat tiga paslon. Di antaranya pasangan Muhammad Afnan Hadikusumo dan Singgih Raharjo yang diusung oleh Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Buruh, Partai Ummat, PKS, PPP, PKB dan PSI. Pasangan Heroe Purwadi dan Sri Widya Supena diusung Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Perindo, Partai Garuda, Partai Gelora PAN dan PKN. Pasangan Hasto Wardoyo dan Wawan Harmawan diusung oleh PDI Perjuangan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
02:11
02:30
03:20
01:23
02:25
Viral