Sembilan anggota daerah otonomi khusus (otsus) dan istimewa menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam acara Fordasi 2024 di Royal Ambarukmo Hotel, Rabu (28/8/2024)..
Sumber :
  • Istimewa

9 Anggota Fordasi 2024 Taken MoU, 7 Aspek di Bidang Ini Jadi Kunci menuju Indonesia Emas 2045

Jumat, 30 Agustus 2024 - 15:52 WIB

tvOnenews.com - Sembilan anggota daerah otonomi khusus (otsus) dan atau istimewa menyepakati tujuh aspek bidang dalam seminar yang diselenggarakan Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia (Fordasi) 2024.

Kesepakatan itu ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) di Royal Ambarukmo Hotel, Rabu (28/8/2024).

Sekda DIY, Benny Suharsono menuturkan, seminar diikuti oleh sembilan daerah meliputi DKI Jakarta, DI Aceh, DIY, Papua, Papua Barat, Papua Barat, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Barat Daya. Berdasarkan rapat koordinasi yang ditetapkan oleh Paniradya Kaistimewaan DIY dan Kemendagri, disepakati ada 7 aspek yang dikerjasamakan meliputi pendidikan dan pelatihan, industri kreatif, pariwisata, kebudayaan, ketahanan pangan dan pertanian serta tata kelola pemerintahan.

"Rincian kerjasama dituangkan dalam berita acara yang menjadi bagian hasil dari seminar fordasi 2024," kata Benny.

Karena itu, seminar ini mengedepankan peluang kerjasama antar daerah anggota fordasi yang dituangkan dalam MoU. Pertama, melakukan koordinasi bersama terkait perkembangan tantangan dan solusi pelaksanaan otonomi khusus dan atau istimewa. 

Kedua, menyebarluaskan data dan informasi terkait praktik baik pelaksanaan program kejayaan otsus dan atau istimewa. 

Ketiga, melakukan koordinasi bersama untuk melaksanakan kerjasama antar Pemda terutama untuk mendorong program pembangunan dalam kerangka pelaksanaan desentralisasi asimetris yang dilakukan secara tematik berdasarkan usulan anggota fordasi. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
02:11
02:30
03:20
03:00
01:23
Viral