Ribuan Mahasiswa Baru aksi solidaritas Palestina di depan Sportorium Kampus UMY, Selasa ( 17/9/2024).
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Ribuan Mahasiswa Baru UMY Aksi Solidaritas dan Galang Donasi untuk Rakyat Palestina

Selasa, 17 September 2024 - 13:04 WIB

Bantul, tvOnenews.com - Ribuan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar aksi solidaritas untuk Palestina di depan Gedung Sportorium kampus UMY, Selasa (17/9/2024).

Dalam aksi solidaritas untuk Palestina ini juga dibuka donasi untuk membantu perjuangan rakyat Palestina untuk meraih kemerdekaan. Seluruh dana yang terkumpul dari sekitar 4800 mahasiswa baru ini akan dikirimkan semua untuk rakyat Palestina.

Aksi Solidaritas untuk Palestina oleh ribuan mahasiswa baru UMY ini dilakukan sebelum mereka mengikuti kegiatan pengenalan kampus atau masa taaruf.

Sebelum memulai kegiatan masa taaruf, ribuan mahasiswa baru yang mengenakan seragam kaos putih celana hitam dan topi hitam mengibarkan bendera merah putih dan bendera Palestina dan meneriakkan yel - yel free Palestina.

Rektor UMY Prof Gunawan Budiyanto dalam orasinya mengatakan bahwa bangsa Palestina adalah salah satu dari beberapa negara yang paling awal mengakui dan mendukung kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Oleh karena itu, sebagai bangsa Indonesia wajib hukumnya mendukung perjuangan rakyat Palestina.

" Bangsa Palestina langsung memberikan dukungan untuk kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Sehingga Rakyat Palestina memiliki hubungan yang dekat dengan Indonesia. Oleh karena itu kita harus mendukung perjuangan Palestina untuk meraih kemerdekaan. Rakyat Palestina sangat berharap terhadap bangsa Indonesia," tegas Prof Gunawan Budiyanto saat berorasi.

Dalam kesemoatan tersebut UMY secara resmi menyampaikan pernyataan sikap yang dibacakan oleh Sekretaris Badan Pembina Harian UMY Arba Riksawan Qomaru di hadapan ribuan mahasiswa baru. Dalam pernyataan sikapnya UMY mengutuk keras kejahatan manusia oleh Zionis Israel.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral