Kecelakaan KA Takasa yang tertemper Truk di perlintasan Sentolo - Sedayu..
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

KAI Jelaskan Kronologis Kecelakaan Kereta Taksaka Tertemper Truk di Perlintasan Sentolo- Sedayu

Rabu, 25 September 2024 - 11:15 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - PT KAI Daop 6 Yogyakarta membenarkan peristiwa Kereta Api (KA) 70 Taksaka relasi Stasiun Gambir - Yogyakarta tertemper truk di Perlintasan Sebidang, JPL 714, KM 531+000 jalur hulu antara Stasiun Sentolo-Rewulu.

Kejadian bermula ketika sopir truk tidak mengindahkan sirene atau isyarat bahwa kereta api akan lewat. Sehingga ia terjebak dan membuat temperan terjadi.

Manager Humas Daop 6, Krisbiyantoro mengatakan bahwa Daop 6 menyesalkan atas kejadian tersebut. Pada tanggal 19 September yang lalu penindakan pelanggaran di perlintasan sebidang dilakukan serempak oleh jajaran Kepolisian di Jawa dan Sumatra bersama KAI dan stakeholder terkait lainnya.

"Ini mestinya bisa membuat para pengguna jalan lebih tertib dalam berlalulintas. Kecelakaan ini mengakibatkan terganggunya perjalanan kereta api,  kerusakan pada sarana dan prasarana kereta api serta Awak Sarana Perkeretaapian mengalami cidera.
Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," jelas Kris.

Dalam penanganannya, Daop 6 melakukan tindakan cepat memastikan kondisi penumpang terlebih dahulu dan melakukan evakuasi rangkaian ke stasiun terdekat agar dampak keterlambatan kereta Taksaka dan kereta lainnya dapat diperkecil dengan memastikan keselamatan terlebih dahulu.

Untuk mengevakuasi rangkaian ke stasiun terdekat agar tidak mengganggu perjalanan KA lainnya dengan didatangkan lokomotif penolong dari depo Yogyakarta dan dari Stasiun Rewulu.

Kondisi Lokomotif  dan 1 kereta Eksekutif mengalami kerusakan. Selain itu prasarana perkeretaapian gardu PJL juga mengalami kerusakan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:38
02:26
11:48
04:07
04:25
04:15
Viral