Poster rekrutmen relawan demokrasi yang digagas oleh KPU Kabupaten Kulon Progo..
Sumber :
  • @kpukulonprogo

KPU Kulon Progo Buka Rekrutmen Relawan Demokrasi untuk Pilkada 2024, Ini Formasinya

Jumat, 4 Oktober 2024 - 23:09 WIB

Kulon Progo, tvOnenews.com - KPU Kabupaten Kulon Progo membuka pendaftaran untuk posisi relawan demokrasi pada Pilkada serentak 2024.

Program relawan demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Kulon Progo, Aris Zurkhasanah mengatakan, pendaftaran relawan demokrasi dibuka mulai 3-9 Oktober 2024.

Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya dimana mereka ditempatkan sebagai pelopor demokrasi bagi komunitasnya. 

"Relawan demokrasi ini akan menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota," kata Aris, Jumat (4/10/2024). 

Program Relawan Demokrasi yang digagas KPU Kabupaten Kulon Progo melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari delapan basis pemilih strategis sesuai Ayat 2 Pasal 28 PKPU Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota yaitu pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, kelompok marjinal, komunitas, kelompok keagamaan dan warga internet (netizen).

"Bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:46
00:50
01:22
02:57
02:43
02:59
Viral