Kondisi warga yang mengalami luka lebam akibat sengatan tawon, Minggu (30/1/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Ari Wibowo

Sembilan Warga Kulon Progo Diserang Tawon Gung, Dua Masuk Rumah Sakit

Senin, 31 Januari 2022 - 07:59 WIB

Kulon Progo, DIY - Sembilan warga di Kalurahan Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Menjadi korban serangan tawon gung, bahkan dua warga harus dilarikan ke rumah sakit.

Serangan tawon gung terjadi di dua dusun yaitu Dusun Bulak dan Wonobroto, dalam kejadian ini setidaknya ada sembilan warga yang menjadi korban keganasan tawon gung, hingga dua warga harus menjalani perawatan di rumah sakit. Rata rata korban yang disengat tawon mengalami demam dan luka lebam.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Tuksono, Bripka Dwi Prasetyo menjelaskan, kejadian pertama insiden ini berlangsung di Dusun Bulak, pada Kamis (20/1/2022). Ada 4 korban, dengan dua di antaranya harus opname di rumah sakit. 

Adapun peristiwa kedua terjadi di Dusun Wonobroto, pada Jumat (28/1/2022). Dalam insiden ini ada 5 korban, yang seluruhnya harus dirawat sementara di rumah sakit

"benar mas, dalam beberapa hari terakhir ini terjadi serangan tawon jenis gung, ada 9 warga yang kena. Dua di antaranya yaitu anak-anak dan orang dewasa bahkan sampai opname di rumah sakit," ujar Dwi Prasetyo, Minggu (30 / 1/2022). 

Penyebab serangan tawon Gung, Dwi menjelaskan kejadian bermula ketika sarang tawon yang menempel di pohon milik pekarangan warga setempat diganggu oleh burung elang bido. Burung ini diketahui merupakan predator bagi tawon tersebut. 

"Dari laporan yang kami terima, awal kejadian gara-gara sarang tawon dirusak burung jenis budo, dari situ tawonnya mubal (berhamburan) dan malah menyengat warga," ujar Dwi

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:23
08:25
07:39
08:39
07:35
10:00
Viral