Proses evakuasi sarang tawon oleh Damkar Kulon Progo pada Minggu malam (30/1/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Ari Wibowo

Dalam Sebulan Damkar Kulon Progo Evakuasi Tiga Sarang Tawon yang Serang Warga

Senin, 31 Januari 2022 - 13:46 WIB

Kulon Progo, DIY - Dalam kurun waktu sebulan petugas dari Damkar Kulon Progo sudah mengevakuasi 3 sarang tawon yang berada di wilayah Tuksono, Kecamatan Sentolo, evakuasi dan pemusnahan sendiri lantaran sudah banyak meresahkan warga dan sudah memakan korban.

Sejauh ini dari pantauan di lapangan, seranga tawon ini telah melukai sembilan warga di Pedukuhan Wonobroto, Kelurahan Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo.

Bahkan dari kesembilan korban, dua korban harus dirujuk ke rumah sakit karena terdampak cukup parah akibat sengatan tawon.

"Awalnya petugas mendapatkan informasi adanya serangan tawon gung di daerah Wonobroto, kelurahan Tuksono , Sentolo, terus tim langsung kelokasi dan mengevakuasi sarang tersebut," ujar Hadi Susilo, salah satu petugas Damkar Kulon Progo (31/1/2022)

Menurut Hadi, pada Minggu malam, petugas Damkar Kabupaten Kulon Progo kembali mengevakuasi dan memusnahkan sarang tawon yang menempel di salah satu pohon di pekarangan milik warga. Sebelumnya petugas juga mengevakuasi dua sarang tawon di daerah Tuksono. Ratusan tawon tersebut sempat menyerang 9 warga pedukuhan Wonobroto , kelurahan Tuksono, kecamatan Sentolo. Bahkan dua korban harus dirujuk ke rumah sakit.

Proses evakuasi berjalan dramatis, medan yang sulit , sarang tawon sendiri berada di ketinggian 20 meter, sementara tawon masih menyerang meski kondisi malah hari, petugas membutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk mengevakuasi dan memusnahkan sarang dengan menggunakan api.

"Proses evakuasi membutuhkan waktu kurang lebih satu jam mas, selain medan yang sulit dan tingginya sarang tawon, petugas juga sempat diserang meski dalam kondisi gelap. Alhamdulilah sarang tawon panjang satu setengah meter dan lebar tiga puluh centimeter berhasil di evakuasi dan dimusnahkan," ujar Hadi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:23
08:25
07:39
08:39
07:35
10:00
Viral