Seminar bertajuk 'Tantangan Membangun Kebiasaan Berolahraga Pada Anak Penyandang Disabilitas' yang digelar di Yogyakarta, Selasa (15/10/2024)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Kemenpora Bocorkan Tantangan Inklusi Bidang Olahraga Bagi Difabel di Indonesia

Selasa, 15 Oktober 2024 - 17:12 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membocorkan tantangan inklusi bidang olahraga bagi penyandang disabilitas di Indonesia.

Tantangan tersebut diungkap dalam seminar bertajuk 'Tantangan Membangun Kebiasaan Berolahraga Pada Anak Penyandang Disabilitas' yang digelar di Yogyakarta, Selasa (15/10/2024). 

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi NPC DIY, Rumpis Agus Sudarko menuturkan, tantangan terbesar dalam membiasakan berolahraga pada anak penyandang disabilitas adalah pengakuan dari orang tua. Karena banyak orang tua yang hingga kini masih malu mengakui keberadaan anaknya yang menyandang disabilitas.

"Sehingga itu salah satu tantangan besar kita," kata dia.

Padahal, dari berolahraga, banyak sekali manfaat yang diperoleh para difabel mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga kebugaran.

Dari sisi sosial, olahraga dapat memerangi stigma yang kerap dialami oleh penyandang disabilitas seperti perundungan.

"Jadi teman-teman disabilitas bisa menunjukkan kemampuan bahwa saya itu mampu, saya itu bisa. Ini supaya mengubah persepsi masyarakat dari sisi sosial terhadap difabel," ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
05:02
11:08
01:52
03:27
03:32
Viral